Inilah sepasang burung yang kami beli di Pasar Burung Barito tempo hari, yang aku ceritakan disini. Aslinya burung ini bernama dengan Bahasa Latin Lorius Lory, dan di Indonesia banyak terdapat di wilayah Papua dan Maluku. Burung ini termasuk binatang langka, walau sudah mulai banyak tempat penangkarannya.

Kami biasa memberi makan sehari dua kali, masing-masing sebuah pisang kepok yang tidak terlalu matang dan air, kadang sekali-kali kami beri juga susu putih, agar bulunya yang indah itu menjadi semakin mengkilap. Konon kabarnya burung ini termasuk hewan yang dilindungi, tentu, kami juga melindunginya di rumah kok, mungkin maksudnya tidak boleh diperjualbelikan ya? Kami menyukainya karena bulunya indah dan suaranya unik, mengingat aku dengan masa kecil ketika bapak juga memeliharanya beberapa ekor di rumah kami dulu.

Kebersihan dan air bersih juga sangat disukai oleh jenis burung ini, kami menyediakan wadah dengan air bersih, buat mereka menceburkan diri. Mereka suka mandi dan berbasah-basah, supaya segar, barangkali… :-)

Info lengkap mengenai burung nuri, bisa dibaca di info Wikipedia berikut ini.