K.A.R. Bosscha (Den Haag – Malabar)

Belum pergi ke Pangalengan, kalau belum pergi ke Makam Bosscha dan mengunjungi rumahnya. Hari pertama kami tiba disana, kami berniat sekali untuk ke rumah Bosscha, setelah puas menikmati pemandangan yang indah di Perkebunan Teh dan proses pembuatan teh di salah satu pabrik yang didirikan oleh Bosscha.

Makam Bosscha dijaga oleh seorang tukang kebun. Makamnya khas makam orang Belanda, terletak di tengah perkebunan dan dikelilingi bunga-bunga dalam taman yang terawat rapi dan bersih. Kami membaca jasa-jasa Bosscha untuk Indonesia, khususnya masyarakat di Jawa Barat, yang tertera dalam sebuah batu besar di depan Makam.

Setelah itu kami lanjutkan perjalanan ke rumahnya, namun kami tidak masuk kedalam rumahnya. Rumahnya juga besar dengan halaman luas yang tertata rapi, di belakang rumah Bosscha ada beberapa bungalow yang tampaknya disewakan. Juga ada kantor manajemen, yang mengatur segala sesuatu berkaitan dengan Bosscha.

Karel Albert Rudolf Bosscha (Den Haag, 15 Mei 1865Malabar Bandung, 26 November 1928) merupakan orang yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pribumi pada masa itu dan juga merupakan seorang pemerhati ilmu pendidikan khususnya astronomi.

Pada bulan Agustus 1896 Bosscha mendirikan Perkebunan Teh Malabar. Dan pada tahun-tahun berikutnya, ia menjadi juragan seluruh perkebunan teh di Kecamatan Pangalengan. Selama 32 tahun masa jabatannya di perkebunan teh ini, ia telah mendirikan dua pabrik teh, yaitu Pabrik Teh Malabar yang saat ini dikenal dengan nama Gedung Olahraga Gelora Dinamika dan juga Pabrik Teh Tanara yang saat ini dikenal dengan nama Pabrik Teh Malabar.

Pada tahun 1901 Bosscha mendirikan sekolah dasar bernama Vervoloog Malabar. Sekolah ini didirikan untuk memberi kesempatan belajar secara gratis bagi kaum pribumi Indonesia, khususnya anak-anak karyawan dan buruh di perkebunan teh Malabar agar mampu belajar setingkat sekolah dasar selama empat tahun. Pada masa kemerdekaan Indonesia, nama sekolah ini berubah menjadi Sekolah Rendah, kemudian berubah lagi menjadi Sekolah Rakyat. Dan diganti lagi menjadi Sekolah Dasar Negeri Malabar II hingga saat ini.

Pada tahun 1923, Bosscha menjadi perintis dan penyandang dana pembangunan Observatorium Bosscha yang telah lama diharapkan oleh Nederlands-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV). Kemudian ia bersama dengan Dr. J. Voute pergi ke Jerman untuk membeli Teleskop Refraktor Ganda Zeiss dan Teleskop Refraktor Bamberg. Pembangunan Observatorium Bosscha selesai dilaksanakan pada tahun 1928. Namun ia sendiri tidak sempat menyaksikan bintang melalui observatorium yang didirikannya karena pada tanggal 26 November 1928 ia meninggal beberapa saat setelah dianugerahi penghargaan sebagai Warga Utama kota Bandung dalam upacara kebesaran yang dilakukan Gemente di Kota Bandung.

Selama hidupnya, Bosscha memilih untuk tidak menikah. Pada akhir hayatnya, karena kecintaannya pada Malabar, beliau meminta agar jasadnya disemayamkan di antara pepohonan teh di Perkebunan Teh Malabar.