Srikaya – Selai dan Buah

Apakah selai srikaya terbuat dari buah srikaya? oh belum tentu dan tidak selalu. Buah srikaya atau buah nona (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Di Indonesia, walau jarang, kadang bisa ditemui di Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.

Termasuk semak, semi-hijau abadi atau pohon yang mencapai 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7-12 cm panjangnya, dan berlebar 3-4 cm. Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2-3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Buahnya biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6-10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan  memiliki rasa manis seperti podeng.

Cara menanamnya cukup mudah, bisa melalui biji atau cangkokan. Pohon di rumah kami tumbuh secara tidak disengaja. Ibuku sangat menyukai buah ini dan menyebarkan bijinya secara sembarangan di belakang rumah, setelah 5 tahun ditanam, pohon itu akhirnya berbuah.

Nah sedangkan yang dimaksud dengan Selai Srikaya adalah selai yang terbuat dari bahan utama santan, kuning telur dan gula. Membuatnya juga tidak sulit, sebagai berikut :

  • 250 cc santan kental dimasak sampai mendidih
  • 250 gr gula dibuat karamel cair
  • 5 kuning telur dikocok sampai mengembang
  • Masukkan ketiga bahan diatas dalam wadah tahan panas, tambahkan mentega dan tim hingga seluruh bahan tercampur merata

Selai Srikaya yang terkenal kelezatannya berasal dari toko Roti Ganda, di kota Siantar, yang sempat kami datangi dalam liburan kami.

Jadi, mau yang mana, buah srikaya atau selai srikaya ? siapa berani menolak kelezatannya ?

Sumber : Pribadi, Wikipedia, Google