Pantai Pasir Putih Parbaba

Parbaba,  adalah nama sebuah desa di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, yang merupakan tempat asal mulanya keluarga suamiku ada. Letaknya kurang lebih 25 km dari dermaga penyeberangan Kapal Ferry di Tomok, atau sekitar 30 menit jika kita menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan sedang, karena sayang sekali jika kita yang hanya sekali-kali berkunjung ke wilayah ini kalau melewatkan perjalanan dengan alam yang indah mempesona ini dengan berkendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Desa Parbaba, sebuah desa kecil yang terletak diantara Tomok dan Pangururan, mempunyai sebuah Pantai indah berpasir putih. Pantai eksotik ini berbaur meleburkan kecantikannya dengan keelokan Danau Toba yang menghias di belakangnya secara alami. Namun, pantai ini masih perlu dikembangkan fasilitasnya bagi para pengunjung, walau saat ini sudah ada beberapa rumah makan dan fasilitas toilet dan kamar mandi untuk mencuci badan setelah bermain pasir di pantai. Tentunya juga dengan pengelolaan kebersihan, parkir kendaraan dan keamanan di sekitarnya agar kebersihan pantai ini tetap terjaga.

Di pantai ini, selain berenang, berendam, bermain pasir, berjemur yang tentu menyenangkan bukan saja bagi anak-anak tapi juga bagi pengunjung semua usia, pengunjung dapat melakukan olah raga bola voli  pantai. Saat ini, untuk menikmati keindahan Danau Toba dari Pantai Pasir Putih Parbaba dan bermain disana, belum dikenakan biaya masuk, diharapkan jika suatu saat nanti itu ada, dapat dilakukan pengelolaan yang baik agar kelestarian indahnya pantai tetap terjaga, tidak seperti kebanyakan pantai di Indonesia, yang rusak karena masalah lingkungan dan manusia yang tidak peduli pada alam.

Di kemudian hari, tentu semua mengharapkan agar pantai ini dan desa Parbaba dapat berkembang seiring dengan kemajuan pembangunan seperti Tomok dan Tuk Tuk yang telah lebih dulu dikenal oleh wisatawan mancanegara, terutama dengan telah dibangunnya Dermaga Kapal Motor Parbaba, yang dapat mengantarkan wisatawan dari Tomok ke Parbaba dan kembali dari Parbaba ke Tomok.

Bersih ya pasirnya

bermain di pasir

main air, tentu doong