Selama di Berastagi, kami menginap di Berastagi Cottage di Gundaling, yang letaknya tidak jauh dari obyek wisata Bukit Gundaling. Jadi, tentu kami ga melewatkan kesempatan untuk mampir kesana. Bukit Gundaling ini memiliki ketinggian 1575 meter dari permukaan laut dan dari sana, kami bisa melihat keindahan panorama menghadap kedua buah pegunungan besar yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, yang mengapit kota Berastagi.

Gunung Sinabung, gunung berapi aktif di dataran tinggi Karo dengan ketinggian gunung 2460 m. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara, terakhir meletus tahun 1600, dan kembali meletus September 2010. Sedangkan Gunung Sibayak adalah gunung yang menghadap ke kota Brastagi. Orang Batak Karo menyebutnya Gunung Raja, dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan.

Bukit Gundaling, kurang lebih sama seperti Puncak, Jawa Barat, disana hawanya sangat sejuk, banyak pepohonan dan tanaman yang indah, ada dokar atau andong yang siap membawa kita berkeliling seputar Bukit Gundaling, ada penjual kelinci dan yang jelas, pengunjung dapat bersantai menikmati pemandangan disana.

Patung pasangan dari Tanah Karo menyambut kami

Pemandangannya

Dijual juga aneka satwa seperti kelinci…yang menggemaskan buat anak-anak

Suasana di Bukit Gundaling, nyaman untuk bersantai …

dan disini, bisa dibeli aneka souvenir khas Brastagi, Gundaling ataupun Sumatera Utara, seperti aneka kerajinan kayu, kain khas daerah, kaos-kaos dan banyak lagi

Selamat menikmati Bukit Gundaling dan kesegaran di sekitar bukit ini.