Kejutan Manis di Awal Tahun

Pertama-pertama, melalui tulisan ini aku mau berterimakasih kepada teman baikku sesama blogger yaitu, Eka Situmorang, yang mempromosikan kegiatan Adira Best 100 Faces of Indonesia yang diselenggarakan oleh Adira Finance, melalui blognya disini. Kedua, aku juga berterimakasih kepada suamiku yang baik hati, yang memberikan kejutan mengajak kami sekeluarga pulang kampung pada libur Lebaran tahun 2011 sehingga koleksi tulisan dan fotoku bertambah untuk dapat dilombakan. Ketiga, aku tentu berterimakasih kepada teman SMA ku, Imelda Coutrier, yang menginspirasiku membuat blog dan tetap membantuku dalam memelihara blog ku ini.

Menulis memang sudah menjadi hobi ku karena aku enggan mengeluarkan kata-kata (dulu lho – kalau sekarang kata anak-anak, mama cerewet banget sih :-) ) Aku memang suka menulis, dulu tugas Mengarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia, adalah tugas kesukaanku, ditambah lagi dengan kecepatan tanganku dalam menguntai kata. Jadi kegiatan menulis memang sudah lama sekali aku lakukan, mulai dari menulis buku harian (diary) setiap hari sejak aku di bangku SMP, membuat korespondensi dengan banyak teman di luar negeri (dulu melalui jalur IYS – International Youth Service) dan berkirim surat dengan keluarga atau sahabat. Kegiatan menulis buku harian praktis berhenti sejak aku menikah (pembunuhan karakter – kata temanku 😀 ) hehe tidak juga, ini lebih disebabkan karena keterbatasan waktu, sampai aku menemukan sebuah cara untuk berbagi melalui jalur blogging.

Awal tahun, aku sudah dikejutkan dengan pengumuman Lomba Karya Tulis Kisah Natal yang diselenggarakan oleh GKI Serpong. Peserta nya hanya 10 orang (mungkin kalau lebih banyak peserta, aku tidak menang yaa) dan terkumpul 11 artikel, dan secara iseng saja aku mengirimkan tulisanku tentang kisah Natal yang pernah aku tuliskan di blogku pada Desember 2010. Tulisan kukirim melalui email ke panitia (ibu Venita Lengkong) tepat pada hari terakhir 18 Desember 2011 malam, pasrah saja, tanpa beban. Dan Puji Tuhan, untuk kategori dewasa, tulisanku yang berjudul Surat buat Sinterklas, dinyatakan menang dalam urutan ke-2.

Kembali ke cerita awal semula, kejutan lain yang aku tunggu adalah pengumuman dari kegiatan diatas. ADIRA Best 100 Faces of Indonesia adalah suatu ajang perlombaan menulis mengenai tempat-tempat wisata di Indonesia, yang merupakan bagian inti dari situs ADIRA Faces of Indonesia. Lomba menulis ini terbuka bagi semua kalangan. Karena itu begitu aku baca ajakannya di blog Cerita Eka, maka aku pikir saat itu (awal Agustus 2011) kenapa tidak kucoba, toh aku sudah cukup punya banyak tulisan di blog ku, tinggal meramu ulang lagi untuk konsumsi umum dan juga akhir Agustus akan ada rencana pergi pulang kampung, pasti akan ada banyak cerita dan gambar nih dengan kamera pertamaku – Nikon Coolpix 120 yang baik hati dijepret sana sini.

Akhirnya setelah mendaftar dalam portal pariwisata Adira Faces of Indonesia, aku mulai rajin men-submit tulisan-tulisanku terutama tulisan perjalananku pulang ke kampung suami. Total tulisan yang berhasil aku kirimkan mulai dari bulan Agustus sampai akhir periode lomba Desember 2011 adalah sebanyak 22 artikel dengan 16 artikel wisata di Sumatera Utara, 3 artikel wisata di Jogjakarta, 1artikel wisata di Jawa Tengah, 1 artikel wisata di Jakarta dan 1 artikel wisata di Jawa Barat.

Yang hasilnya…..adalah saat aku menerima telpon dan undangan dari Panitia Penyelenggara pada tanggal 18 Januari 2012 yang menyatakan bahwa tulisanku terpilih sebagai salah satu tulisan dalam the Best 100 Adira FOI. Penelpon memohon kehadiranku esok hari di Resto Jimbaran, Pantai Karnival Ancol.

Hari yang aku tunggu akhirnya tibalah, Kamis, 19 Januari 2012, Resto Jimbaran, Pantai Karnival, walau untuk mencapai kesana, penuh perjuangan kulakukan dari kantorku di Serpong, hm aku ceritakan kemudian ya agar tidak merusak mood dan suasana :-) aku tiba dengan selamat di Resto Jimbaran, dengan HP berisi beberapa missed calls dari Panitia yang menunggu kehadiranku.

Setelah kata sambutan, aku memang datang terlambat, jadi tidak dapat menikmati hiburan di awal acara, akhirnya diumumkanlah the Best 100 atau 100 karya tulis wisata terbaik versi Adira FOI dan Puji Tuhan dari 22 artikel yang aku kirimkan 2 (dua) tulisan masuk dalam kategori tersebut dari 700 artikel yang masuk ke meja juri…Puji Tuhan.

Selain memenangkan dua artikel tersebut, walau itu bukan tulisan yang aku unggulkan untuk menang, aku juga berhak menyandang predikat sebagai seorang Explorer (Penjelajah) versi Adira FOI karena telah mengirimkan sebanyak 22 artikel (dari 15 artikel). Dalam portalnya Adira FOI menetapkan 5 kategori bagi para kontributor berdasarkan jumlah tulisan yang dikirimkan, yaitu Newbie untuk pemula, Walker untuk kontributor yang mengirimkan 1 sampai 5 tulisan, Traveller untuk kontributor yang mengirimkan 6 sampai 10 tulisan, Adventurer untuk kontributor yang mengirimkan 11 sampai 15 tulisan dan Explorer adalah untuk kontributor yang telah mengirimkan > dari 15 tulisan (seperti saya, ehm… :-) )

Dan tidak hanya itu saja, ucapan selamat, doa dan permintaan traktir juga banyak dikirimkan oleh sanak saudara dan teman baik melalui Facebook, Twitter, BBM ataupun bertemu langsung. Apalagi setelah terpampang dalam beberapa media seperti yang dimuat dalam koran KOMPAS, 24 Januari 2012 halaman 13 atau koran MEDIA INDONESIA, 27 Januari 2012 halaman 17.

Di titik ujung kegembiraan ini, aku hanya mampu bersujud syukur, berterimakasih tak henti-hentinya untuk bapakku tercinta (almarhum) R. Soegeng Priyodarminto, S.H, yang selalu memfasilitasiku bacaan di masa kecilku, mulai dari Majalah Bobo, Ananda, Kawanku, seri Tintin, seri Lima Sekawan, seri Lima Benua dan banyak lagi. Berkat membaca, aku jadi suka menulis. Terimakasih ya pak, pasti bapak bangga di surga sana kan ?

Semoga ini adalah sebuah awal yang baik, berwisata untuk menikmati keindahan, mengabadikannya untuk dapat mengenang keindahan itu dan menuliskannya agar orang lain dapat turut menikmatinya. Jalan – Foto – Menulis adalah satu kesatuan. Tetap lukis Indonesia dengan kata, seperti semboyan Adira FOI.

sumber : Dapurpacu.com, Adira FOI


5 thoughts on “Kejutan Manis di Awal Tahun

  1. @ mbak Kris …. terimakasih dah mampir ya, juga atas doa dan dukungannya selama ini

    @ clara….spt yg aku ceritakan diatas,awalnya aku baca info ini di blognya Cerita Eka – Eka Situmorang….tetap semangat, masih ada kok event seperti ini di Adira….anyway trims ya dah mampir….Tuhan berkati sll

  2. Selamat Mbak, atas prestasi yang telah dicapai.
    Awal tahun yang menggembirakan.
    Semoga berlanjut untuk tengah tahun, akhir tahun bahkan taun mendatang.
    Makasih sudah datang ke blog saya.
    Salam buat Bu eM ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *