Kembali mengenai Kuliner di Kendari, ada sebuah rumah makan sederhana yang bisa kami datangi sampai dua kali – mengapa ? ya tentu karena makanannya yang enak. Namanya membuat aku penasaran, yaitu Mie Nyuknyang – yang ternyata oh ternyata nyuknyang berarti bakso. Warung bernama AROMA SEDAP ini terletak di Jalan Ir. Soekarno, Kendari.

Rumah makan sederhana ini berukuran sekitar 3 x 6 meter, dengan beberapa meja kecil dan kursi di sekelilingnya. Menurut kabar, banyak orang akan kehabisan di hari menjelang sore, namun kami beruntung sore itu, kami masih kebagian.

Suasana didalam rumah makan. Sepertinya selain menu Mie, pemilik juga menjual obat atau produk lain.

Ada beberapa pilihan menu disini. Satu porsi Nyuknyang seharga Rp 12.000,- itu artinya semangkuk bakso dengan kuah saja. Satu porsi Mie Nyuknyang berarti Mie dan bakso saja tanpa daging ayam. Sedangkan Pangsit Mie itu berarti Mie dengan daging ayam plus pangsit goreng dan pangsit kuah. Mie – nya sendiri bukan mie yang halus seperti Mie yang terkenal di Bakmi G*M* tapi lebih seperti Mie yang terkenal di Sumatera Utara, yaitu mie gomak, yang besar-besar, seperti spagethi.

Aku memesan 1 mangkuk Mie Pangsit porsi kecil dan teman memesan juga satu porsi Nyuknyang. Baik bakso (nyuknyang) dan mie nya dibuat sendiri, tanpa bahan pengawet dan tanpa penyedap rasa. Yang nikmat adalah kuah yang disajikan panas dengan tambahan irisan jeruk nipis, seperti kebanyakan rumah makan bakso gepeng khas Pontianak yang disajikan dengan jeruk khas dari sana. Selain porsi kecil dan porsi besar, tersedia juga porsi jumbo :-&

Kedatangan kami yang pertama ke tempat ini, memang setelah kami menikmati makan siang di Penginapan, sehingga perut terasa sesak. Namun kali ke-2 kami datang, porsi kecil ini benar-benar terasa pas dan nikmat buat kami. Boleh singgah jika anda mampir ke Kendari, selamat menikmati.