Rumah Makan SOP Saudara

Sebelum memasuki pintu tol menuju Bandara Sultan Hasanudin, Makasar untuk kembali ke Jakarta, masih sempat (sempatnya) kami mampir berwisata kuliner di SOP Saudara. SOP ini aslinya berasal dari wilayah Pangkep dan konon kabarnya SOP ini juga singkatan dari kata Sup Orang Pangkep. Begitu kendaraan berhenti di depan rumah makan sederhana ini, aku sudah tergiur dengan pemandangan ikan bakar yang telah siap diatas pemanggangan. Jadi aku langsung memesan 1 ekor ikan bawal bakar.

Ada banyak rumah makan SOP Saudara, dan ini salah satunya yang terdekat sebelum memasuki Bandara, semoga rasa sesuai dengan aslinya di Pangkep

Lihat bakaran ikan yang siap disantap

DSCN7390

Rupanya, sebenarnya, yang menjadi makanan utama itu adalah SOP nya, bukan ikannya, ikan bakar sebagai pendamping saja. Ikan sebesar itu sebagai pendamping, yaa ampun, bagaimana menghabiskannya yaa ? Dan satu lagi kesalahan, yang top itu sebenarnya ikan bandengnya, bukan ikan yang lain 🙁 yah beginilah kalau sudah kalap mata dan kelaparan, malu bertanya, ga mantap di perut – tapi apa yang aku pilih di rumah makan ini aja sudah enak banget, apalagi kalau ditambah dengan mempelajari dan mempraktekan filosofinya, wah pasti luar biasa enak ya.

Semula aku pikir SOP yang disajikan disini sama rasa dengan coto, pallubasa ataupun sop yang lain, ternyata berbeda. Sop Saudara sekilas sop saudara ini mirip dengan coto Makassar, makanan berkuah yang dihidangkan dalam mangkuk, tapi jika dilihat lebih dekat dan dirasakan pastilah berbeda. Makanan tradisional khas kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan ini dapat dijumpai di Makassar . Sop saudara dibuat dari daging sapi, bihun, perkedel, dan paru sapi yang digoreng. Biasanya disajikan dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sebagai tambahan lauknya. Tambahan sebagai pelengkap menu adalah sambal kacang dan irisan timun.

Jadi inilah yang aku pesan, 1 porsi nasi, sepotong ikan bakar yang sengaja minta dikeringkan lagi, sambal kacang dan lalap

DSCN7389

Semua serius menikmati

DSCN7388

Makan ber 7 dengan 7 ekor ikan bakar dan 3 sup plus nasi menghabiskan sekitar Rp 200 ribu, hm harga yang sesuai untuk kelezatan sajian di SOP Saudara ini. Mari mampir, jika anda berkunjung ke Makasar.