Pembaruan Akte Kelahiran

Tulisan ini sekedar sharing informasi yang mungkin bermanfaat buat siapa saja, yang bermaksud memperbarui Akte Kelahiran. Salah satunya digunakan sebagai berkas persyaratan untuk menikah dengan warga negara asing, sebagaimana yang disyaratkan di beberapa negara tertentu, bahwa akte kelahiran calon mempelai tidak lebih dari 6 (enam) bulan sejak akte tersebut diterbitkan.

Caranya adalah sebagai berikut :
1. datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang terletak di Jalan WR Supratman, Grogol, Jakarta Barat
2. tiba disana, langsung menuju Counter Kantor Dinas yang terletak di lantai dasar, mengisi form tujuan kedatangan
3. melengkapi berkas untuk Pembaruan Akte Kelahiran, yaitu :

  • akte kelahiran asli dan copy,
  • copy ijasah SD sampai ijasah terakhir yang ditamatkan, copy pernikahan orang tua,
  • copy KTP kedua orangtua,
  • copy Kartu Keluarga,
  • surat kuasa jika yang mengurus bukan pemilik akte tersebut bermeterai,
  • materai dan
  • membayar biaya administrasi sebesar Rp 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah)

4. setelah berkas persyaratan diatas diserahkan, maka petugas Kantor Dinas akan memerlukan waktu untuk mengecek data yang memerlukan waktu kurang lebih 5 (lima) hari kerja dan jika ada kekurangan data pendukung, petugas akan menghubungi pemohon

Setelah Akte Kelahiran yang diperbarui siap, maka biasanya berkaitan dengan keperluan diatas, maka Akte Kelahiran dan Copy nya perlu dilegalisir oleh Kepala Kantor Dinas, dan juga specimen tandatangan dari Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk keperluan legalisir di Departemen Hukum dan HAM, Departemen Luar Negeri dan Kedutaan.

Jadi, singkat cerita, untuk membuat pembaruan Akte Kelahiran tidak memerlukan birokrasi yang lama, mahal dan bertele-tele, cukup datang ke Kantor tersebut dan dapat diurus sendiri.

Semoga bermanfaat


34 thoughts on “Pembaruan Akte Kelahiran

  1. Hey mba, kalau akte lahir saya msh terbitan kamoung (jawa) tetapi KTP dan kk sdh jakarta..bagaimana yah? sedangkan pernah tanya prosedur ttg pembaharuan akte lahir di kampung halaman, mereka pada bengong, maksudnya apa mereka malah balik tanya?
    thanks for your sharing :-)

  2. terimakasih sdh mampir blog saya, yang saya tahu, pembaruan akte kelahiran itu bisa dilakukan di Catatan Sipil di Provinsi dimana akte kelahiran diterbitkan. Jadi, kemarin saya mengurus pembaruan akte kelahiran adik saya yang terbit dari Jakarta Selatan di kantor Catatan Sipil DKI Jakarta di wilayah Grogol.

  3. Halo, Mba…

    Saya mau tanya.
    Tahun 2006 saya pernah buat kutipan krn akta hilang dan diperlukan utk melanjutkan sekolah ke luar negeri.
    Saat ini, seperti adik mba, saya membutuhkan akta terbaru untuk keperluan apply visa di kedutaan negara suami.
    Kalau sudah pernah diperbaharui, bisa minta diperbaharui kembali utk keperluan ini?
    Terima kasih sebelumnya :)

  4. saya pikir bisa ya mb – spt adik saya, utk syarat nikah di negara adik saya, akte kelahiran yg berlaku tidak boleh lebih dari 6 bulan, jadi kalau akte keluar tertanggal September 2012 maka menikah tidak boleh lebih dari bulan Maret 2013, jika pernikahan mundur dari tanggal itu, maka akte kelahiran mesti diperbarui lagi dan saya pikir tidak masalah buat kantor tersebut, pasti bisa dibantu

  5. Bgni mba saya mw tnya, saya lahir di purwokerto jd akta lahir sayapun dkeluarkan di kntor dinas setempat, nah stelah saya bca blig mba saya lgsung kkntor dinas stempat untuk pmbaruan akta lahir sbg syarat mnikah dg wrga asing.. tp anehnya kntor capil dkota saya mlah tidak tw sama skali bhwa akte lahir bsa dperbarui..yg ada mlah saya dmarahin hbis2an ma 3 org pgawai dsana dg alasan apa dsarny bhwa akte ini hrus dperbarui..eh mlah saya dsuru lapor mentri dalam negri dn mnta surat kterangan dr beliau..lah kok lucu..djkrta bsa knpa dkota saya ga bisa..mohon sarannya mba..mkasih..

  6. dear mb tesalonika, terimakasih sdh mampir di blog saya ya.

    pertama, masa berlaku akte kelahiran yg baru, yg bs digunakan sebagai syarat utk menikah dengan warga asing adalah tidak lebih dari 6 bulan. jadi spt adik saya, akte kelahiran yg baru keluar bulan Sept 2012, maka pernikahan tidak boleh lebih dari Maret 2013.

    kedua, sampaikan ke kantor dinas setempat bhw pembaruan akte kelahiran diperlukan sbg syarat dari kedutaan. mungkin mbak bs download persyaratan pernikahan dari kedutaan dan tunjukkan ke kantor dinas trsbut

    btw, mbak akan menikah dengan warga asing negara mana?

    Tuhan berkati

  7. mba saya mau urus pembaharuan akte kelahiran untuk nikah dengan wn belanda, sesuai dengan pengalaman mba mengurus surat2 tersebut, nanti saya mesti translate dulu sebelum atau setelah semua dilegalisir di departemen luar negeri, departemen kehakiman dan kedutaan? makasih mba GBU

  8. slmt pagi Nita, sudah mampir ke blog saya

    pengalaman saya mengurus pembaruan akte kelahiran adik saya begini, adik sy menikah Maret 2013, jadi akte diperbarui paling lambat September 2013. Adik saya menikah dengan WN dari Swiss. Saat mengurus pembaruan akte, didalam akte yang baru sudah bilingual alias dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris, jadi kami tidak menterjemahkan lagi. Setelah itu dicopy dan dilegalisir ke KemenHukham dan Kemenlu, terakhir dibawa ke kedutaan Swiss.

    Saya tidak tahu bagaimana persyaratan di Kedutaan Belanda, apakah cukup dengan Bahasa Inggris atau harus dalam Bahasa Belanda juga, karena yang dari Catatan Sipil, tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Inggris saja. Coba ditanyakan terlebih dahulu ke Kedutaan

    Saran saya, karena proses di tiap instansi, memerlukan waktu 2-3 hari, sebaiknya diterjemahkan saja dulu, baru sekaligus dilegalisir. Demikian yang bisa saya sharingkan, selamat ya, semoga semua urusan berjalan lancar. :-)

  9. halo mba, seperti yg mba tesalonika bilang, saya juga sudah hampir dua bulan akte kelahiran kutipan saya belum ada kabarnya, saya serahkan hal ini ke biro jasa yg ada di tempat kelahiran saya di jawa, tetapi smp saya sdh menikah skrg pun masih belum selesai, mereka selalu beralasan birokrasi sulit, ganti kepala dinas lah, semua dokumen saya sdh komplit utk perihal pengurusan visa, setelah googling ada biro jasa di jkt yg bisa membantu mengurusi penerbitan kutipan akte lahir, besok akan coba saya hubungi.
    memang betul di daerah mereka tidak mengenal adanya akta kutipan tersebut, meskipun saya sudah membawa selebaran ttg adanya kutipan akte kelahiran, sepertinya sosialisasinya kurang utk di daerah.

  10. Dear mbak Ima, terimakasih sudah mampir ya. Sekarang mbak Ima tinggal dimana ? Kalau pembaruan akte kelahiran itu sebenarnya prosesnya mudah sekali dan murah, ga berbelit-belit kok, hanya aku perlu mengcopy beberapa surat untuk kelengkapan berkasnya. dan proses memerlukan waktu beberapa hari.

    kalau bisa urus sendiri, diurus sendiri saja mbak, tks

  11. mbk sy bingung sy udah ngajukan permohonan pembaruan kutipan akte kelahiran sy tapi pihak catatan sipil menolaknya katanya akta itu berlaku seumur hidup jdi tdk ada pembaruan kutipan…ktanya kalau memng ada prosedur seperti itu,,minta pihak kedutaan melayangkan surat pemberitahuan ttg seharusnya pembaharuan kutipan akta tersebut…terus mbk apa yg harus sy perbuat?

  12. mbk sy bingung sy udah ngajukan permohonan pembaruan kutipan akte kelahiran sy tapi pihak catatan sipil disini (Batam)menolaknya katanya akta itu berlaku seumur hidup jdi tdk ada pembaruan kutipan…ktanya kalau memng ada prosedur seperti itu,,minta pihak kedutaan melayangkan surat pemberitahuan ttg seharusnya pembaharuan kutipan akta tersebut…terus mbk apa yg harus sy perbuat?

  13. dear mbak Erni …. dicoba saja dituruti apa yang diminta oleh Ca Pil Batam. Biasanya dari Kedutaan, ada lembar persyaratan yang mesti dilengkapi oleh calon mempelai yang akan menikah, nah itu bisa juga ditunjukkan ke pihak Ca Pil Batam.

  14. Hay Mbak,
    Bisa gak akta duplikat (karna akta asli hilang) digunakan untuk apply visa? Terima ksh mbak.

  15. Hi mba saya mau tanya saya juga perlu pembaharuan akta lahir untuk menikah dengan WN Luxembourg tp masalahnya orang tua saya sudah bercerai dan mereka berdua udah gak pegang akta nikah dan akta cerai mungkin menurut mereka sudah gak penting lagi (mereka berdua sudah menikah lagi dengan pasangan yg baru) dan kartu keluarga saya masuk ke KK ibu dan bapak tiri saya..kira2 pengurusannya bagaimana yah mba ? Akta lahir saya masuk ke jakarta timur sedangkan ktp dan KK saya ada di bekasi
    Terima kasih sebelumnya yah mba

  16. Maaf sy jg kurang paham, sy kesana dlm rangka mengurus akte lahir adik sy yg mau menikah dgn warga swiss. Mohon bs menghubungi datang lgs ke kantor catatan sipil diatas

  17. Hallo mba aku mau nanya, kebetulan papa aku udah meninggal jadi fotocopy ktp nya ga ada, dan aku tinggal di rumah nenek aku jadi nama aku masuk ke KK dengan nenek aku. Nenek aku sebagai kepala keluarga pun sudah meninggal, kalo mengurus di biro jasa gitu bisa di urus dimana ya di daerah jakarta? :) terimakasih sebelumnya

  18. terimakasih Claudia sudah mampir ke blog saya, maaf saya tidak tahu soal BIRO JASA karena saya mengurus administrasi pernikahan adik saya sendiri. maaf yaa

  19. Hallo mbak, saya ingin tanya untuk pembaruan akte kelahiran tersebut harus minta surat pengantar keterangan dari RT, RW, dan kelurahan tidak yah mbak? Apa langsung datang saja ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipilnya untuk meminta pembuatan pembaruan akte kelahiran? terima kasih sebelumnya yah mbak.

  20. Hi mba Laras (boleh ya saya panggil demikian), dari pengalaman mba tersebut, apakah dengan terbitnya akta kelahiran adik mba yang diperbaharui itu (untuk keperluan menikah dengan WNA), akta adik mba yang lama diambil oleh Capil? Ataukah adik mba tetap boleh memegang 2 akta kelahiran (yang lama dan yang diperbaharui)? Trims utk sharingnya yang sangat bermanfaat. GBU n fam.

  21. Dear Mba Laras,

    Beruntung saya menemukan blog nya mba… Informasinya sangat berguna sekali. Saya baca juga di blog lain, apa benar semua pengurusan untuk kutipan akta lahir tidak berdasarkan wilayah orang tersebut di lahirkan? Untuk akta lahir yang sudah diterbitkan 20 tahun yg lalu semua record asli ada di Capil di Grogol. Saya baru akan proses untuk menikah dg WNA. Kebetulan saya dilahirkan di Cilandak Jakarta Selatan, apa bisa juga mengurus di Capil Grogol? Dan kebetulan akta lahir asli saya di laminating, apa nantinya akta asli dan kutipan akan perlu di cap/stempel? Mohon infonya mba. Terimakasih

  22. Dear Novi, yang saya urus di atas adalah berkas akte kelahiran adik saya, yang saat itu sedang berada di Bali.

    Saya mengurus pembaruan akte kelahiran yg terbit di Jakarta Selatan, jadi saya mengurusnya di Kantor Dinas Catatan Sipil DKI Jakarta.

    Mengenai laminating, sepertinya tidak ada masalah, nantikan akan dibuat baru lagi, namanya aja Pembaruan Akte Kelahiran, jadi yang lama ya akan diganti

    Yuk semangat, silakan dicoba. Salam

  23. Dear mba laras,
    Saya mau tanya apakah mba laras punya format surat kuasa untuk mengurus akte kelahiran ini?
    Lalu, akte saya kan di terbitkan di bekasi..apakah mungkin pembaharuannya bisa di lakukan di kantor dispendukcapil jakarta? Saya coba menghubungi kedua kantor dispendukcapil baik di jakarta maupun bekasi, namun tidak ada yang merespon.
    Terima kasih sekali atas bantuannya ya mba.

  24. slmt pagi Priscilla…. utk format surat kuasa standard aja kok, judul atas “Surat Kuasa”, Yang bertandatangan dibawah ini (sebutkan nama pemberi kuasa, alamat, no ktp) memberi kuasa kepada (sebutkan nama yang menerima kuasa, alamat, no ktp) untuk mengurus proses pembuatan pembaruan akte kelahiran karena pemberi kuasa sedang bla bla bla (sebutkan alasannya), lampirkan copy KTP kedua belah pihak. Tandatangan diatas meterai Rp 6.000,- Begitu aja

    Mengenai lokasi, saya kurang paham, Bekasi masuk ke Propinsi DKI atau Jawa Barat ya? Saran saya untuk urusan seperti ini jangan pakai telpon, tidak akan ada yang merespon – percayalah :-) sebaiknya langsung datang saja.

  25. Dear Mba Laras,

    Aku kelupaan nanya, aku kutip dari tulisan mba Laras di atas :

    Setelah Akte Kelahiran yang diperbarui siap, maka biasanya berkaitan dengan keperluan diatas, maka Akte Kelahiran dan Copy nya perlu dilegalisir oleh Kepala Kantor Dinas, dan juga specimen tandatangan dari Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

    Setelah dapat Akta Kelahiran yang diperbarui maka langkah selanjutnya minta legalisir dan minta specimen dari Kantor Kepala Dinas Capil. Untuk proses ini bisa langsung minta dan jadi dihari yang sama mba setelah kita dapat akta lahir yg di perbarui? Kita perlu antri lagi di Counter?

  26. @Novi, bisa dilakukan pada hari itu juga dan biasanya bisa langsung selesai.

    Jangan lupa minta specimen tandatangan Kepala Kantor Dinas ya, karena kadang ditanyakan saat legalisir di Depkumham :-)

  27. Halo Mba Laras,

    Aku lagi nih :)

    Aku udah proses pembaruan akte kelahiran, sekarang tinggal tunggu untuk pengambilan. Aku sempat di info prosesnya 10 hari kerja (mungkin lagi rame). Sebelum datang saya di minta tlp dulu. Tadi aku iseng tlp ke kantor untuk mengecek tapi katanya akan dicek dan dihubungi kalau sudah jadi.

    Pengalaman mba Laras sendiri seperti apa waktu itu? Mba Laras wkt tlp kesana apa sudah bisa di ambil berkas akte nya? info nya dong mba. Makasih.

  28. Dear Novi, memang sebaiknya ditelpon dulu sebelum kesana karena lokasi kan jauh. Saya sempat terlewat beberapa hari tidak menelpon, setelah saya telpon ternyata sudah jadi.

  29. Mba, maaf saya mau tanya. Jika saya lahir di Jakarta (akte Jakarta) namun skrg saya tinggal di Bogor (KTP dan KK Bogor). Apakah tidak apa2 saya urus langsung ke Disdukcapil DKI? Terima kasih sebelumnya mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>