Tulisan ini sekedar sharing informasi yang mungkin bermanfaat buat siapa saja, yang bermaksud memperbarui Akte Kelahiran. Salah satunya digunakan sebagai berkas persyaratan untuk menikah dengan warga negara asing, sebagaimana yang disyaratkan di beberapa negara tertentu, bahwa akte kelahiran calon mempelai tidak lebih dari 6 (enam) bulan sejak akte tersebut diterbitkan.

Caranya adalah sebagai berikut :
1. datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang terletak di Jalan WR Supratman, Grogol, Jakarta Barat
2. tiba disana, langsung menuju Counter Kantor Dinas yang terletak di lantai dasar, mengisi form tujuan kedatangan
3. melengkapi berkas untuk Pembaruan Akte Kelahiran, yaitu :

  • akte kelahiran asli dan copy,
  • copy ijasah SD sampai ijasah terakhir yang ditamatkan, copy pernikahan orang tua,
  • copy KTP kedua orangtua,
  • copy Kartu Keluarga,
  • surat kuasa jika yang mengurus bukan pemilik akte tersebut bermeterai,
  • materai dan
  • membayar biaya administrasi sebesar Rp 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah)

4. setelah berkas persyaratan diatas diserahkan, maka petugas Kantor Dinas akan memerlukan waktu untuk mengecek data yang memerlukan waktu kurang lebih 5 (lima) hari kerja dan jika ada kekurangan data pendukung, petugas akan menghubungi pemohon

Setelah Akte Kelahiran yang diperbarui siap, maka biasanya berkaitan dengan keperluan diatas, maka Akte Kelahiran dan Copy nya perlu dilegalisir oleh Kepala Kantor Dinas, dan juga specimen tandatangan dari Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk keperluan legalisir di Departemen Hukum dan HAM, Departemen Luar Negeri dan Kedutaan.

Jadi, singkat cerita, untuk membuat pembaruan Akte Kelahiran tidak memerlukan birokrasi yang lama, mahal dan bertele-tele, cukup datang ke Kantor tersebut dan dapat diurus sendiri.

Semoga bermanfaat