APRESIASI DI DUNIA MAYA, PRESTASI DI DUNIA NYATA

Srikandi
Siapakah Dewi Srikandi itu, ada banyak versi yang mampu mendefinisikan dan menceritakannya, diantaranya versi kisah wiracarita dari India dan kisah Mahabarata, namun sebagai seorang yang berasal dari Jawa, tepatnya Yogyakarta, aku terbiasa mendengarkan Bapak bercerita mengenai Srikandi dari versi pewayangan Jawa. Srikandi, adalah seorang puteri yang dikisahkan lahir karena keinginan kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati, yang menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya, Dewi Dropadi dan Drestadyumna dilahirkan melalui puja semadi. Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.

Sebagai seorang anak perempuan, Srikandi mempunyai kelebihan yang jarang dimiliki anak perempuan umumnya karena keberaniannya yang tidak biasa, ia gemar melakukan olah keprajuritan dan mahir dalam menggunakan senjata panah, yang biasanya banyak dilakukan oleh kaum pria. Kepandaiannya tersebut didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya, namun dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh seorang putera.

Dewi Srikandi menjadi suri teladan bagi para prajurit wanita. Ia bertindak sebagai penanggung jawab keselamatan dan keamanan kesatrian Madukara dengan segala isinya. Dalam perang Bharatayuddha, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Seta, ksatria Wirata yang telah gugur untuk menghadapi Bisma, senapati agung balatentara Korawa. Dengan panah Hrusangkali dan kemampuan memanahnya yang luar biasa, Dewi Srikandi dapat menewaskan Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, puteri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang dendam kepada Bisma. Dalam akhir riwayat Dewi Srikandi diceriterakan bahwa ia tewas dibunuh Aswatama yang menyelundup masuk ke keraton Hastinapura, setelah berakhirnya perang Bharatayuddha. Demikian versi lengkap yang biasa terdapat di pewayangan Jawa yang sering aku dengar dari kedua orangtuaku.

Para Srikandi Bapak
Namun apa yang diajarkan Bapak kepada kami keempat srikandi nya adalah agar kami dapat memiliki sifat baik dari Dewi Srikandi, yang tidak hanya memiliki sifat baik hati, lemah lembut serta keibuan, dengan paras yang cantik dan berambut panjang tetapi juga memiliki ketangguhan dalam menghadapi segala sesuatu.

Sosok Dewi Srikandi sering digambarkan tidak hanya sebatas sebagai ibu rumah tangga saja yang bertanggung jawab mengasuh, mendidik dan melayani suami, namun juga mampu menjadi seorang pemimpin dan mempunyai pekerjaan yang dapat dibanggakan untuk mengaktualisasi dirinya sendiri dan orang lain. Walau sebagai seorang wanita ditakdirkan untuk melahirkan keturunan yang tidak bisa dilakukan oleh pria, Srikandi tidak menjadi lemah dan cengeng kala Tuhan tidak memberikan seorang keturunan dalam pernikahannya, ia tetap berkarya dan menjadi teladan bagi orang di sekitarnya. Itu yang selalu Bapak ajarkan kepada kami keempat anak perempuannya sebagai para srikandi Bapak dalam keluarga, jadilah wanita dengan pribadi yang tangguh.

Srikandri Blogger 2013

Srikandi Blogger 2013 adalah event yang diprakarsai Kumpulan Emak Blogger (KEB) dalam rangka menyambut ulang tahun KEB yang pertama dan mengangkat  tema, Aktualitas Perempuan di Era Digital.  KEB adalah komunitas yang salah satu tujuan pendiriannya adalah menularkan semangat menulis untuk menghasilkan inspirasi dan karya melalui blog. Event ini akan memberikan apresiasi kepada para blogger Perempuan Indonesia, yang mana dalam era digital seperti sekarang ini, bukan hal yang asing lagi bagi seorang perempuan mencatat ide, pikiran, dan kisah inspiratif hidupnya melalui media digital. Media itu bernama blog, yang bisa dinikmati dengan bebas tanpa batas.  Di ajang  Srikandi Blogger 2013, para juri akan memilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan kegiatan atau aktivitasnya secara online maupun offline.

Opini mengenai Srikandi Blogger 2013

Kalau di masa Dewi Srikandi hidup, digambarkan sang puteri membawa senjata keris atau senjata panah, maka di era digital saat ini, kaum wanita yang suka menulis dalam blog mereka, digambarkan membawa laptop, komputer ataupun telpon genggam untuk membagikan kepedulian mereka kepada sesama khususnya pada kaum wanita, melalui tulisan. Alasan ajang ini dipilih dengan sebutan Srikandi Blogger, saya berpendapat demikian pula alasan Panitia dan Juri ajang ini yaitu agar para blogger tidak hanya sebagai kaum blogger yang membuat tulisan asal tanpa isi hanya agar eksis di dunia maya tapi justru menjadi wanita blogger yang tangguh, yang dalam kondisi apapun, seperti yang dialami Srikandi, yang takdirnya mestinya mempunyai keturunan, tapi tetap dapat menjadi tangguh, percaya diri dan mampu menyampingkan kondisi dirinya demi bangsa dan orang lain.

Sesuai dengan temanya memberi penghargaan pada aktualisasi diri seorang blogger wanita di era digital, saya berpendapat bahwa diselenggarakannya ajang ini memang sungguh baik, karena selama ini memang belum ada penghargaan yang dikhususkan kepada kaum perempuan. Dengan terpilihnya kedalam 50 nominasi Srikandi Blogger ini buat saya pribadi adalah hal yang luar biasa karena selama 4 tahun menuangkan tulisan kedalam blog baru kali ini ada apresiasi yang seperti ini, benar-benar dl luar dugaan. Motivasi saya sendiri dalam membuat blog pribadi adalah membagikan kisah hidup saya kepada orang lain, yang mungkin bisa bermanfaat dan sebagai sebuah catatan pribadi agar dapat dibaca oleh anak-anak dan keluarga.

Buat saya, sebutan Srikandi Blogger memang pas dan sesuai buat para wanita blogger disini, diharapkan Juri dan Panitia mampu sungguh memilih siapa yang pantas menyandang gelar tersebut.

Harapan kedepan untuk Para Srikandi Blogger
Dan harapannya kedepan, Blogger yang terpilih tersebut dapat menjadi suri teladan bagi para blogger yang lain seperti yang dilakukan Srikandi, Blogger tersebut mampu menjadi seorang ibu yang baik bagi anak-anaknya, istri yang cekatan di samping suaminya, wanita pekerja yang mampu berprestasi di bidangnya dan juga sebagai seorang yang berbakti kepada orang tua dan Tuhan Allah. Jangan sampai terjadi seorang blogger yang terpilih nanti adalah seorang blogger yang memang hanya sibuk di dunia maya, tapi tak mempedulikan orang lain dan tak mampu membagi waktu dengan baik dan melupakan apa yang menjadi kodratnya sebagai seorang wanita.

Harapan yang ingin saya sampaikan adalah harapan kepada 50 nominator Srikandi Blogger, karena melakukan beberapa kegiatan dengan lebih banyak orang, tentu akan lebih baik kerjasamanya, jika dibandingkan dengan hanya dilakukan oleh 10 orang saja. Saya mengharapkan agar dari 50 nominasi Srikandi Blogger 2013 ini dapat muncul sebuah kegiatan nyata yang dapat dilakukan bersama-sama, yang bermanfaat bagi sesama khususnya bagi kaum wanita, yang sering terabaikan haknya dan tidak dapat memanfaatkan hidupnya dengan baik atau menikmati masa tua yang selayaknya dapat mereka nikmati, seperti

  • kegiatan aksi sosial penyuluhan HIV AIDS,
  • pemeriksaan kesehatan kepada kaum ibu dan anak-anak di perkampungan nelayan,
  • kegiatan bersama para jompo di Panti Werdha,
  • Banyak bentuk nyata yang dapat dilakukan oleh 50 Srikandi Blogger ini selain yang disebutkan diatas, juga membangun Rumah Baca, dengan mengumpulkan buku baru atau buku bekas layak baca dari anggota KEB bagi warga, khususnya anak-anak usia sekolah yang tak tersentuh akses pendidikan yang baik.

Namun kegiatan ini tidak dilakukan hanya sebagai sebuah kegiatan seremonial, mementingkan sebuah laporan dan foto-foto bersama saja, tapi benar-benar dapat menyentuh hati mereka dan menjadi sesuatu yang berkesan, dengan cara :

  • Misal, jika para pemenang 50 Srikandi Blogger, buat saya, ini sudah pemenang karena memang kami luar biasa, berkunjung ke Panti Werdha, marilah kita membawa bahan makanan sederhana dan memasak bersama mereka, mereka pasti merindukan hal-hal seperti itu, mengupas kulit bawang, memotong bahan makanan, sama seperti layaknya kita melakukan itu bersama anak-anak balita, tentu sangat menyenangkan sekali bagi para manula dan jompo ini yang kadang sudah tidak dipandang karena keterbatasan fisik dan daya pikir mereka. Setelah memasak, makan bersama, bernyanyi dan mengantarkan mereka untuk tidur siang.
  • Demikian pula jika kita melakukannya untuk pemeriksaan kesehatan, sambil dilakukan pemeriksaan, sebagian Srikandi Blogger dapat memasak dan membuat bubur kacang hijau disana dan dibagikan serta dinikmati bersama setelah pemeriksaan.
  • Menyusun pembangunan rumah baca atau perpustakaan bersama warga, memilih dan menyampul buku bersama-sama

Semuanya ini dilakukan sebaiknya agar kegiatan Pemilihan Srikandi Blogger 2013 bukan hanya sebagai ajang pemilihan ratu atau Dewi Srikandi diantara para blogger, tapi agar kepiawaian para blogger di dunia maya, mampu terwujud di dunia nyata.

Jika Saya Terpilih dan Masuk kedalam 10 Besar
Buat saya, menjadi nominasi dalam 50 Srikandi Blogger 2013 adalah sebuah anugerah yang tak termimpikan sebelumnya dan seandainya masuk dalam 10 besar itu adalah sebuah bonus dari Tuhan. Benar, ini bukan persaingan diantara para Emak Blogger, ini persahabatan baru dalam sebuah komunitas yang besar manfaatnya sejak saat ini sampai masa yang akan datang.

Namun jika saya ditanya apa yang akan saya buat dan lakukan dengan predikat baru saya tersebut diatas, tentu saya akan mengikuti dan mendukung program yang telah dicanangkan sebelumnya oleh para Emak pendiri KEB dan kemudian mengusulkan program yang saya rencanakan sebelumnya diatas, dengan langkah berikut :

  • Membuat data base anggota KEB, terutama menginput data selain bio data, kota asal atau tempat tinggal, pendidikan terakhir, keahlian dan kompetensi yang dimiliki oleh para Emak blogger. Mengapa hal ini diperlukan karena dengan mengetahui keahlian dan kompetensi para Emak blogger, akan lebih memudahkan bagi KEB untuk memberdayakan para Emak, misal jika Emak punya kemampuan memasak, maka akan dibuat program pelatihan memasak buat para Emak. Kegiatan yang direncanakan selanjutnya mudah disesuaikan dengan sumber daya yang ada dari KEB
  • Membuat program kegiatan sederhana yang nyata dan bermanfaat bagi para Emak di sekitar kita dan menetapkan tempat kegiatan, seperti yang saya sampaikan diatas dan dapat dilakukan sejak sekarang oleh para nominator Srikandi Blogger 2013 yaitu :
  1.  Melakukan Pelatihan Menulis Singkat (minggu ke-1 setiap bulan)
  2. Melakukan Kunjungan ke Panti Asuhan (minggu ke-2 setiap bulan)
  3. Melakukan Kunjungan ke Panti Werdha (minggu ke-3 setiap bulan)
  4. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan/Aksi Sosial (minggu ke-4 setiap bulan)
  5. Mendirikan Rumah Baca, dalam setahun dua kali
  6. Melakukan pmbinaan atau penyuluhan mengenai HIV AIDS, perlindungan hukum bagi kaum perempuan dan anak,
  7. Melakukan kegiatan bagi pemberdayaan perempuan untuk Wirausaha, misal melalui usaha pembuatan kue sederhana, penanaman bunga, pemanfaatan limbah dan lain-lain
  • Pengaturan jadwal, lokasi kegiatan, sumber daya untuk melakukan kegiatan, disesuaikan dengan kemampuan dari para Emak di KEB, yang saya yakin bersedia mendukung Program Kegiatan ini karena mereka memiliki sifat mau berbagi dari tulisan-tulisan dalam blog mereka

Selamat bergabung dalam Srikandi Blogger 2013 !!!


53 thoughts on “APRESIASI DI DUNIA MAYA, PRESTASI DI DUNIA NYATA

  1. Programnya sangat aplikatif, simpel dan berkualitas. Semoga menjadi yang terbaik.

  2. Bu Adjeng, saluuut deh.. saya dari dulu mau bikin blog yang bermanfaat buat orang lain tapi baru keisi satu postingan, copas dari website orang :(
    Maju terus, Bu, semoga sukses selalu!

  3. Pasti Bapak bangga karena srikandi-nya yang satu ini nampaknya sudah memenuhi harapannya. Cakap mengurus keluarga, berdedikasi terhadap pekerjaan, peduli pada mereka yg “terlupakan” dan aktif berkarya di dunia maya. Hidup bu Diadjeng!!! Selamat jadi pemenang!

  4. Terus semangat, ya… Adjeng bisa menjadi berkat melalui program ini…. Tuhan memberkati…

  5. @ Eltri – amin Eltri, doakan ya, melalui program ini atau pun tidak, kiranya aku bs selalu menjadi berkat buat org lain…Tuhan berkati kamu juga, Amin

  6. @ bu Beatrice – Amin…trimksh bu Beatrice atas dukungannya, semangat berbagi juga tertular dan semakin tertanam berkat dukungan teman2 di Wahana Visi Indonesia dan World Vision Indonesia….doakan selalu ya bu spy makin banyak bs sy buat utk org lain

  7. @ mb Frita – Haha mb, semula hanya ingin sharing saja…ikut event ini tidak disengaja, ternyata masuk ke-50 besar, terimakasih atas dukungannya yaa…kita maju sesuai bidang kita masing-masing, passion ku di tulis menulis sjk dulu :-) ayo semangat lanjutkan blognya mb, supaya hidup kita semakin mengalir

  8. @ mak De – terimakasih mak, ini bisa terlaksana dengan bantuan Emak semua, 50 Srikandi dan semua Emak di KEB….trims dah mampir yaa, plis ks komen juga di tulisan yang lain :-)

  9. @ pak Zul Amri – Amin, trimksh pak sdh mampir dan juga atas dukungannya….smg bs terlaksana nanti para blogger bisa saya ajak jalan ke kota p Zul yaa?

  10. Sungguh, blog yang sungguh menarik dan detail, begitu juga positive program yang diharapkan akan sangat berguna dan menjadi berkat bagi banyak orang.

    Maju terus bloggers!

  11. tnkyu Mrs Bernardi, pasti baru wake up yaak …. dukung terus ya program buat kaum Emak ini, spy hidup kaum Emak semakin bermakna di dunia ini

  12. wuissshh.. mantap, mak.. programnya oke-oke deh :)
    kalau ada kunjungan ke panti wreda mau deh saya ikutan, biar bisa berbagi kebahagiaan bersama para senior kehidupan :)

    melaju terus sampai 10 besar ya, mak!

  13. wah pemikiran yang cerdas mbak… aku dukung lho..

    btw, suka banget kalo liat blog yang ada hewan peliharaannya. :)
    mau ngasih makan ikan dulu ah

  14. @ mak wina….trimksh sudah mampir, dukung terus ya, supaya Kumpulan Emak Blogger bisa eksis di dunia nyata

    Hehe…wah tambah banyak nih yang ngasi makan ikan ku, pasti cepat bertelur dan berkembang biak 😀

  15. Kemaren perasaan udah komen ternyata yg di facebook.
    Kuulang aja ya mak..
    Programnya kereeeeeeeen….banget. Semoga cita-citanya terlaksana.

  16. @ mak Octa – amin terimakasih, saling mendukung,,,kalaupun bukan saya yang terpilih, smoga program ini bisa dilanjutkan atau dipakai Emak terpilih :-)

  17. @ mak Murti – terimakasih dah mampir ya mak, amin….yg terbaik dari Tuhan ya, siapapun Srikandi nya nanti dan mau melaksanakan program ini, kita dukung yaa :-)

  18. Salam kenal, Mbak :)
    First time singgah kemari

    Saya baru dengar dan baru membaca kisah2 Srikandi sejak ada event ini. Hehehe, ketahuan banget, yah kupernya.

    Ide2nya sosial banget, Mbak. Saya dukung dan semoga Mbak Laras masuk 10 besar :)

  19. @ mak anazkia…..aduuuh terimakasih ya, salam kenal juga….yaa begitulah kalau orang Jawa, hehe, banyak wejangan dan falsafah Jawa yang ditanamkan pada anak-anaknya, kita ambil yang baik kan mak

    trimksh dukungannya, kita tnggu hasilnya….dan jika makmin di KEB membaca, semoga ini bisa terealisasi di program KEB kedepan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *