Anne’s Wedding, March 2013

Pernikahan menurut aku, yang pernah aku tuliskan sebelumnya disini adalah persatuan dari dua orang yang berbeda latar belakang. Beda latar belakang itu bisa satu jenis perbedaan misalnya beda suku, tapi juga bisa beberapa perbedaan, misal beda pendidikan, beda budaya, beda tata cara bertumbuh, beda agama, bahkan bisa juga beda negara….belum lagi beda kebiasaan sehari-hari dalam menjalankan kehidupan, seperti beda selera makan, beda cara berpakaian dan perbedaan lain, yang kadang perlu penyesuaian yang cukup baik di awal masa perkenalan dan pernikahan.

Hal ini pula yang terjadi pada adik bungsu ku, Anne menikah dengan seorang berkebangsaan Switzerland, yang tentunya mempunyai banyak perbedaan seperti yang aku sebutkan sebelumnya. Namun diatas semua perbedaan itu, tentulah ada satu hal yang mesti menjadi dasar menyatunya pernikahan itu dan bagi aku, pernikahan berdasarkan pada satu agama yang sama adalah suatu yang penting, sekalipun banyak orang mengatasnamakan toleransi dapat dilakukan.

Pemberkatan Nikah antara Anne dan Joseph Bernardi dilaksanakan di Blue Ocean Bali dan dilakukan oleh Pendeta Emiritus I Gede Eka Santosa dari Gereja Kristen Protestan Bali pada tanggal 9 Maret 2013 pukul 17.00 WIT

Penandatanganan berkas oleh saksi nikah, aku dari pihak mempelai wanita dan Michael Fawkes dari Canada sebagai saksi dari pihak mempelai pria

Foto bersama dengan kerabat dekat yang betul-betul terdiri dari berbagai bangsa, EO dari Bali, Theodore Häne, best man dari Switzerland, pasangan bu Indri dari Indonesia dan Sten Strandberg dari Swedia, Michael Fawkes dari Canada (teman baik mempelai sejak tahun 2007), Ms Sumire Tanaka dari Jepang (tetangga dan teman baik di Pecatu) dan juga perias pengantin, Anja Buerck dari Jerman (tidak ikut foto bersama) dan kami bersaudara sebagai keluarga inti dari mempelai wanita.

yang dilanjutkan dengan jamuan makan malam lengkap, disertai dengan hiburan musik dari Mas Agus Accoustic, yang infonya Anne peroleh dari Lizzy

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan, pemberkatan pernikahan ini dapat berlangsung dengan penuh hikmat dan sukacita yang mendalam bagi kami semua yang hadir disana dan kelegaan yang tak terkira karena aku akhirnya dapat mendampingi adikku dan menjalankan amanah dari Ibu, yang tidak sempat bersama-sama dengan kami disana. Kami semua berdoa agar pernikahan ini dapat langgeng dibawah pimpinan Tuhan sampai maut memisahkan mereka.

Selanjutnya Syukuran Pernikahan sederhana mereka, diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2013, satu minggu setelah Pemberkatan Nikah dilangsungkan. Tuhan memberkati kita semua

Mengutip dari Anne : And hopefully we all keep remember our verse from the Bible: May the Lord make you increase and abound in love to one another and to all. (1 Thessalonians 3 : 12)


2 thoughts on “Anne’s Wedding, March 2013

  1. Again, thank you so much Mb Adjeng for everything you’ve done in detail to our wedding, thank you for your help and fully positive support for us.

    There’s good news about our best man Theo Häne who eventually will marry soon in Bali! Another blessed party then :)

    And hopefully we all keep remember our verse from the Bible: May the Lord make you increase and abound in love to one another and to all. (1 Thessalonians 3 : 12)

    Amen – xoxo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *