The 3 C

Dalam kehidupan sehari-hari, ada tiga hal penting berawalan C yang kita alami hampir setiap hari nya, yaitu Choice, Chance dan Change.

C yang pertama adalah Choice (Pilihan), kemudian sering kita dihadapkan pada banyak pilihan. Hampir setiap hari kita harus melakukan pilihan, mulai dari bangun tidur, apakah kita akan bangun pada pukul 04.00 pagi atau pukul 05.00 pagi dengan berbagai resikonya, misal menjadi terburu-buru melakukan sesuatu atau bahkan resiko terlambat tiba di kantor.

Setelah bangun, apakah mau langsung mandi, atau menjerang air diatas kompor, untuk membuat minuman ataukah pergi jalan pagi. Mau sarapan pagi dengan nasi atau dengan roti, mau minum susu coklat atau teh manis atau kopi susu. Pilihan bisa lebih dari dua, bisa tiga dan bisa lebih.

Demikian pula dengan hal-hal yang lain, yang memberikan dampak dalam kehidupan kita, seperti misal memilih pasangan hidup dan memilih pekerjaan.

Setelah menetapkan Choice (Pilihan) tentu ada Chance (kesempatan) di depan mata kita yang akan terbentang dengan pilihan-pilihan kita, yang kadang sudah kita ketahui dan kita duga sebelum kita menetapkan Pilihan. Misal, jika kita memilih bekerja di sebuah Perusahaan Swasta, kita akan tahu bahwa ada chance disana bahwa kita akan memperoleh gaji yang lebih besar daripada di instansi pemerintah, namun dengan gaji yang lebih besar, tentu ada resiko yang besar yang juga harus dihadapi, misal Pemutusan Hubungan Kerja secara sepihak, dan lain-lain.

Contoh lain, adalah saat memilih jurusan di Perguruan Tinggi, saat memilih masuk ke Program Diploma 3 di Akademi Ilmu Statistik, aku tahu bahwa ada chance buat ku untuk lebih memperdalam teori Matematika dan Statistik, yang aku suka sejak di SD dan ada kesempatan dapat langsung bekerja di Kantor Biro Pusat Statistik. Padahal sebelumnya, aku juga sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri, tepatnya di Universitas Padjajaran Fakultas Ekonomi Pembangunan. Ada banyak pertimbangan pilihan dalam memilih satu diantara kedua tempat kuliah saat itu.

Semua konsekuensi dalam menetapkan pilihan akan berdampak dalam bentuk Change (Perubahan) dalam hidup kita selanjutnya. Misal, saat memilih kuliah di AIS itu berarti aku akan masih tinggal di Jakarta, yang nota bene tidak jauh dari orangtua, walau di tahun pertama, aku sempat kost di sekitar kampus dan tahun terakhir masuk ke asrama untuk menyelesaikan tugas akhir, sedangkan jika kuliah di UnPAD maka aku akan tinggal di tempat kost sampai selesai masa kuliahku, namun langsung menyandang gelar sarjana S1 dengan resiko belum tentu dapat langsung bekerja setelah tamat.

Setiap Choice (Pilihan) akan mempunyai Chance (Kesempatan) yang berbeda dan itu akan memberi Change (Perubahan) dalam kegiatan hidup kita. Contoh diatas hanya sebagian kecil yang aku alami, dalam kenyataannya, banyak sekali kita akan dihadapkan pada hal-hal serupa, contoh lain, saat memilih sekolah yang sesuai untuk anak, memilih tempat tinggal, memilih kendaraan dan banyak lagi.

Mari tetapkan pilihan kita untuk melangkah pada kehidupan yang lebih baik dan berguna buat banyak orang :-)


The 3 C’s of Life : Choice, Chance and Change
You have to make a choice to take a chance or your life never change


3 thoughts on “The 3 C

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *