My Dream Vacation : Wakatobi

Aku paling suka kalau menulis mengenai apa saja yang ada hubungannya dengan perjalanan….perjalanan buat aku memang tidak selalu bepergian ke sebuah tempat yang jauh dengan menginap di sebuah hotel berbintang dan dicapai dengan membayar tiket pesawat.

Perjalanan buat ku adalah bepergian ke sebuah tempat dimana aku memperoleh pengalaman yang baru disana dan bertemu dengan suasana yang berbeda dan bisa jadi dengan orang yang sama misal bersama keluarga atau dengan teman-teman baru. Bepergian itu selalu mengasyikkan buat aku.

Kenapa aku suka bepergian, pernah aku tulis di postinganku yang berjudul Love to Travel….nah menjawab pertanyaan Mak Indah, kemana sih tempat yang menjadi impianku untuk aku kunjungi saat ini, wah banyak sekali tempat yang ingin aku datangi, untuk di dalam negeri diantaranya Wakatobi, Raja Ampat, Danau Kelimutu dan Negeri Laskar Pelangi. Sedangkan di luar negeri, aku sangat ingin kembali ke sebuah kota kecil di Jepang dan kota Toledo di Spanyol serta banyak lagi beberapa kota kecil nan romantis di Eropa, sebagai sumber inspirasi untuk tulisan-tulisan perjalananku :-)

Ah senangnya kalau sudah bicara mengenai mimpi, apalagi itu mimpi sebuah perjalanan ke tempat impian….namun dari semua tempat impian diatas, kemana sih sebenarnya tempat tujuan yang sangat ingin kukunjungi saat ini, jawabannya adalah Wakatobi.

Kenapa Wakatobi ? Sejujurnya sejak aku menikmati film layar lebar “Mirror Never Lies” yang mengambil setting di perkampungan Suku Bajo, Wakatobi adalah the place, I’ve always dreamed, karena Wakatobi terkenal dengan keindahan alamnya, baik keindahan bawah laut maupun keindahan pantainya. Lalu kenapa tidak segera pergi kesana ? Masalahnya tentu adalah kondisi keuangan :-) karena kami berlima, jadi mesti penuh perencanaan untuk bisa pergi kesana.

Cara pergi ke Wakatobi adalah terbang dengan pesawat menuju Makasar. Dari Makasar dilanjutkan menuju ke ibu kota Wakatobi yang dikenal dengan Wangi-wangi. Setiap hari ada maskapai yang melayani penerbangan dari Makasar ke Wangi-wangi. Biaya pesawat dari Jakarta – Makasar – Wangi Wangi pp sangat bervariasi, termurah sekitar Rp 1,5 juta.

Masalah akomodasi juga tidak menjadi masalah di Wangi Wangi, banyak penginapan, mulai dari warga yang menyiapkan kamar untuk disewa, hotel murah seharga Rp 150 ribuan sampai hotel dengan resort mewah harga jutaan juga ada disana.

Di Wangi-wangi, tersedia alat transportasi berupa ojek motor, angkutan kota dan taksi. Sedangkan untuk paket yang ditawarkan terdiri pemandu, perlengkapan selam, kapal dan tempat penginapan mulai dengan harga Rp 1.000.000 per orang per hari, dengan dua kegiatan utama yaitu snorkeling atau diving.

Mengenai makanan, tidak ada masalah, disana tempatnya surga kuliner bagi pencinta makanan laut….slurp segala yang ada di laut bisa dinikmati wisatawan disana, mulai dari ikan sampai gurita sekalipun.

Makanan khas daerah seperti kasuami, makanan pokok terbuat dari singkong yang diparut, diperas airnya dan dikukus, biasanya dimakan bersama ikan. Ada pula kari ayam Wakatobi serta kue karasi, juga semua dapat dinikmati disana, apalagi jika kita memilih menginap di rumah penduduk.

Keindahan alam Wakatobi selain berupa keindahan alam bawah laut, juga keindahan panorama matahari terbit dan terbenam, serta keindahan malam di kala langit bertaburan bintang yang paling indah dinikmati di Bajo.

Apalagi yang mau dikata tentang Wakatobi, kapan merencanakan bisa kesana selagi keindahan alamnya masih murni dan dapat dinikmati, semoga pengunjung juga mau menjaga kelestarian biota laut disana dari kepunahan.

Siapa yang berminat pergi kesana, yuk kita pergi bareng mak Indah sebelum mak Indah bertugas ke tempat yang baru. Kalau aku beruntung, ingin deh aku mendapat hadiah ini dari mak Indah, untuk menambah koleksi souvenir ku :-) ngarep dot com

Oh ya tulisan ini aku buat dalam rangka meramaikan blog mak Indah yang sedang bagi-bagi hadiah dengan tema My Dream Vacation Giveaway dan dapat segera dikunjungi, ayo ikutan, hadiahnya banyak banget lhoo :-)

Selamat merencanakan bepergian liburan di tempat impian :-) dengan menabung dari sekarang tentunya.

Catatan : Jepretan indah hasil searching dari Google


13 thoughts on “My Dream Vacation : Wakatobi

  1. Maaaaaak……aku mupeeeng beraaat hiiiks..aku belum sampai siniii niiiih…rasanya kok berat kaki meinggalkan tanah air sebelum mampir ke surga-surga di Indonesiaaa, hiiks..makasih sudah share impianmu maaak…bisikan doa kita semoga didengaar oleh yang kuasa…Merci beaucoup juga udah ikutaaan..mmuuaaah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *