Suka Fotografi ? Yuk Gabung di Pixoto

Dalam kesibukan menjalankan rutinitas sehari-hari, kadang aku sudah tidak sempat melakukan hobi atau kegemaranku. Padahal memiliki hobi dan menjalankannya dapat membuat variasi dan kesegaran yang baru hidup sehari-hari. Kalau kata ahli, menjalankan hobi dapat membuat hidup lebih berwarna.

Aku sendiri mempunyai beberapa hobi atau kegemaran, yaitu diantaranya membaca, menggambar, (sekarang menulis) dan juga fotografi, serta melakukan perjalanan. Beberapa bulan terakhir ini, aku sedang asyik mengikuti kegiatan dalam website Pixoto.

Pixoto adalah website berbasis foto komunitas online, situs yang masih dalam versi beta ini berbeda website komunitas foto online yang ada, karena mengusung konsep ImageDuel yang merupakan sistim pemberian nilai pada sebuah foto yang dilakukan ketika user melihat foto yang sedang terbuka.

ImageDuel mengusung konsep blind description, artinya foto ditampilkan tanpa informasi tambahan apapun, termasuk nama fotografer. Ketika menu ImageDuel diklik, sistem akan menampilkan secara acak dua foto yang disandingkan secara berdampingan.

User dapat memilih foto mana yang menurutnya lebih unggul dari foto lain. Setelah itu, secara acak ditampilkan lagi dua foto untuk diduelkan. Begitu seterusnya. Foto yang dipilih oleh user dianggap sebagai pemenang (win) dan foto yang tidak dipilih dianggap kalah (lose).

Pada halaman profile pemilik foto di setiap foto yang diupload, tertera akumulasi nilai yang disebut ImageScore dan angka win-lose hasil dari duel yang telah dilewati oleh foto tersebut, mau lihat profilku di Pixoto, klik disini ya.

Dari hasil ImageScore, foto-foto diurutkan sesuai dengan peringkat nilai yang diperoleh sesuai kategori foto. Peraih nilai tertinggi dalam setiap kategori mendapat award yang ditandai dengan badge.

Menurut sejumlah user, sistem penilaian ImageDuel Pixoto sangat fair. Sebab sistem ini menampilkan foto tanpa informasi apapun sehingga user terhindar dari pemilihan subjektif. Foto yang diduelkan pun sudah melalui seleksi algoritma Pixoto.

Karena foto yang tampil pada ImageDuel telah diacak, maka akan menutup kemungkinan pemberian nilai subjektif user pada foto user lain yang dikenalnya.

Selanjutnya, Pixoto memberikan Award Best of Week untuk 20 persen foto yang berada pada peringkat teratas dari setiap kategori. Di setiap minggu Pixoto menyediakan hadiah lebih dari US $2,000 untuk foto-foto terbaik.

Nah ini yang membuat aku jadi semangat ikut, mau tahu award yang sudah aku terima dalam 2 bulan terakhir ini, lihat disini ya my award from pixoto.

Walau masih tahap pemula, ajang ini menjadi tempatku belajar dan mengenal banyak jepretan yang bagus. Ini salah satu award dari foto terbaikku yang foto-foto yang kuupload di Pixoto


Foto yang meraih Award Best of Week akan diikutkan dalam pemberian Award Best of Month dan seterusnya. Pada setiap tahun, Pixoto akan memilih Best of Photographer pada setiap kategori. Penilaian semua berdasarkan perolehan ImageScore sebuah foto.

Nah, buat kamu yang senang memotret, yuk coba buka website diatas dan saatnya menampilkan karya-karya fotomu disana. Pasti akan keasikan seperti saya untuk belajar dan menikmati karya foto indah disana. :-)

Sumber : http://ihscenter.blogspot.com


6 thoughts on “Suka Fotografi ? Yuk Gabung di Pixoto

  1. mas itu bisa menang photo of the week harus menang photo of the day dulu? trus itu uangnya dapat di ambil? terimakasih

  2. terimakasih sdh mampir blog saya, maap jangan dipanggil “mas” dong….saya belum pernah menang utk yang berhadiah uang, setahu saya uang tentu bisa diambil, mereka menggunakan Paypal biasanya, selamat mencoba, terimakasih :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *