Blogger (Seharusnya) Turut Mencerahkan Bangsa

Kalau diingat-ingat awal mula aku ngeblog itu karena awalnya aku suka membaca tulisan-tulisan Imelda Coutrier. Dari baca-baca, akhirnya jadi ingin buat blog sendiri. Dari Imelda juga aku mulai membuat blog gratisan dan sekarang yang berbayar. Punya blog sendiri ya (mulanya) untuk mencatat apa yang kualami, baik dari perjalanan atau pengalaman hidup sehari-hari sebagai orangtua, sebagai anak dan bahkan sebagai istri atau karyawan. Apa saja yang ingin aku tulis, ya aku tulis. Pokoknya tujuan awal – hanya mencatat, menulis dan sharing, sukur-sukur kalau bisa bermanfaat.

bl1

Belum lama ngeblog, aku masuk terpilih sebagai Finalis Srikandi Blogger 2013, padahal siapa lah aku ini, masih pemula walau sudah tua 😀 Dari event yang diadakan Komunitas KEB ini, kemampuan nulis dan ngeblogku mulai meningkat, mulai blog walking ke blogger-blogger muda yang keren punya. Namun ya karena keterbatasan waktu, aku tetap  masih belum beranjak menjadi blogger yang profesional. Walau banyak kulihat hal-hal yang baik jika sebuah blog mempunyai brand image dan menjadi blog yang mempunyai kekhususan, misal blog khusus kecantikan, perjalanan, wisata, kuliner, foto, memasak dan seterusnya. Singkat cerita, blogku masih antah berantah, masih suka-suka.

sumber : shewrites

sumber : shewrites

Dari ngeblog, jelas aku punya banyak teman. Salah satunya adalah aku pecah telur menerbitkan buku antologi pertama Hati Ibu Seluas Samudera bersama teman-teman blogger. Setelah itu sempat terpicu dan terpacu untuk menulis buku dan menerbitkan buku, hingga sekarang sudah ada 3 buku antologi fiksi, 1 buku antologi puisi dan 1 buku solo perjalanan – beberapa kali tidak lolos dalam event menulis membuat sementara mundur dulu dalam kegiatan menulis buku.

bl3

Selain teman dan bisa belajar nulis, ada dong hal-hal (materi) yang turut mengikuti, misalnya nih yang pertama ya hadiah finalis Srikandi Blogger 2013, lalu hadiah sponsor, lalu hadiah voucher belanja, lalu hadiah buku, lalu…..ah banyaklah tapi diatas semuanya itu ada bahagia batin yang tak terkira, kalau tulisan kita di blog dapat bermanfaat buat banyak orang, memberi semangat dan membuka wawasan, dari orang ga tahu menjadi tahu, dari yang putus asa jadi semangat.

Voucher SUSHI MATSU Resto

Tapi…..

Belakangan….belakangan nih, akhir-akhir ini beberapa kali aku membaca status-status teman blogger, yang entah saling irian atau saling baratan, eh maksudnya mungkin ada yang tidak suka dengan kegiatan teman blogger yang lain atau apalah. Ya sebenarnya wajar-wajar saja, di dunia mana saja, di dunia persilatan, di dunia wayang, di dunia kerja, yang kompeten, yang punya kemampuan ya pastilah yang menonjol.

bl4

Yang kompeten, pasti banyak memenangkan hadiah, pasti banyak diundang off air atau hadir untuk sharing di event tertentu, yang punya bayi misalnya, kalau dia kompeten menulis hal itu pasti akan diundang sharing tentang produk yang digunakan adek bayi, ya susu, ya minyak angin atau pampersnya, juga termasuk bagaimana cara mengatasi alergi pada anak.

@nikonindonesia #nikonyellow #nikonindonesia

@nikonindonesia #nikonyellow #nikonindonesia

Yang suka menulis tentang aktivitas perjalanan, ya pasti akan diundang ikut aktivitas seperti menginap di hotel atau mencoba jajanan baru di tempat makan tertentu. Yang tujuannya ya pasti membuat review tentang tempat-tempat itu. Bukan itu aja, test drive mobil pun jadi kerjaan blogger.

Mengajak blogger untuk membagikan informasi tertentu itu paling cepat dan handal saat ini. Seorang blogger kadang bisa punya 2-3 blog, seorang blogger bisa ikut di 5 sampai 10 komunitas, seorang blogger bisa punya beberapa akun, seorang blogger selain menulis, minimal ia juga memotret kegiatannya, yang juga bisa di share di grup media sosialnya….blogger itu sekali tepok, dua tiga nyamuk pasti kena….ups….ya tahu deh yang ku maksud. Selain review produk, buku, kegiatan, sharing, menulis melalui blog juga dapat menggalang persatuan dan kesatuan menghadapi suatu kondisi atau hal tertentu, misal kebutuhan pendidikan, kesehatan, bahkan perdamaian lintas agama dan bangsa.

free to express what is thought and felt in the community

Jadi….ya sudahlah, sebagai blogger yang aktif ataupun ga aktif (seperti aku), pesanku (mengingatkan diri sendiri) kalau ingin eksis ya tingkatkanlah kompetensi, banyak belajar, banyak baca, banyak berlatih menulis (ini penting banget untuk menghindari budaya copas), rutin nulis juga meningkatkan kemampuan lho, banyak ketemu sama blogger kondang yang kompeten – lebih baik aktif mata dan menulis hal positif. Rejeki sudah diatur sesuai kondisimu (ku).

Beberapa blog sumber inspirasiku :

  1. informasi tentang Jepang, filosofi hidup, pendidikan anak dan banyak hal – Imelda Coutrier
  2. informasi tempat-tempat asyik – Cerita Eka
  3. informasi jalan bersama keluarga – Myra Anastasia, Nurul Noe dan banyak lagi
  4. informasi perempuan dan teknologi, bisa dibaca di sini Shinta Ries
  5. informasi tentang pertanian – Arin Murtiyarini
  6. blog lain yang suka aku baca-baca juga diantaranya milik Suhanti yang diberi nama 3 Teddies 2 Bears

Penganugerahan SB 2014

masih banyak lagi blog yang aku datangi, walau tidak sering tapi menjadi tempat belajar dan menambah wawasan, sepanjang yang kutahu semua menginspirasi karena memang demikian adanya (seharusnya), blogger adalah pencerah bangsa, bukan pencerca :-)

Yuk ah kembali ke tujuan semula (dari hati nurani) untuk apa menjadi blogger

Salam

 

Sumber gambar : pribadi dan Google


10 thoughts on “Blogger (Seharusnya) Turut Mencerahkan Bangsa

  1. Uhuk, pantes keselek. Ternyata aku disebut-sebut. Hihi. Makasiiih mba Laraaaaaaas. Cipoks cipoks pake bibis Abang Ranu :*

  2. Eh eh btw, keributan yg akhir2 ini mewarnai TL, entah antar blogger atau yg gk ada hub nya sm blog, semoga gk merusak hari2 kita ya mba. Tetep share hal2 menyenangkan aja kita maaah. 😉

  3. wah untung ada tautan dari kamu, jadi aku diingatkan untuk menulis hehehe. Akhir-akhir ini memang aku terlalu banyak pekerjaan sehingga tidak bisa update blog lagi. Lebih enak update di FB karena bisa pendek-pendek dan itu BERBAHAYA bagi kelangsungan blog hehehe.
    Keep blogging ya jeng dan terima kasih sudah ditautkan 😉

  4. Hi, salam kenal mbak.

    Tenkiu ya uda dimention di blognya. Wah seneng banget, secara kita masih amatir banget mengenai blogging hehe… semoga dengan dimention ini kita lebih rajin lagi nulis. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *