FSP, Perjuangan Akhir Di Studienkolleg

Feststellungsprüfung (FSP) adalah ujian masuk perguruan tinggi di Jerman bagi pelamar pelajar dari luar Jerman. Ujian diselenggarakan di tempat pelamar menempuh studienkolleg. Karena anakku mengikuti studienkolleg di HS Anhalt Kothen di kelas W Kurs, maka materi yang diujikan pada FSP adalah sesuai dengan apa yang dipelajari pada Studienkolleg, yaitu Deutsch (Bahasa Jerman), Matematika, Ekonomi, Bahasa Inggris dan Informatika.

FSP diadakan selama 3 (tiga) hari yaitu hari Senin (20 Juni 2016), Rabu (22 Juni 2016) dan Jumat (24 Juni 2016). Pada hari Senin, 27 Juni 2016, anakku masih mengikuti Mündliche Prüfung Informatik

Puji Tuhan pada hari Jumat, 30 Juni 2016, anakku dinyatakan lulus ujian FSP dengan hasil yang cukup baik.

Sebagai catatan, nilai IPK di studienkolleg dimulai dari angka 1 sampai dengan 6, dengan angka 1 menunjukkan nilai tertinggi atau A.

Demikianlah perjuangan akhir anakku di tahap Studienkolleg ini, nilai FSP ini nanti yang akan digunakan untuk melamar ke perguruan tinggi di Jerman. Perjalanan masih panjang, namun kelulusan ini sangat kami syukuri, walau tidak sangat sulit, bisa dikata tidak mudah untuk lulus dari studienkolleg, perlu kerja keras, keseriusan dan kemampuan yang cukup.

Terimakasih Tuhan, Puji Syukur kami ucapkan, tolong anakku dalam mempersiapkan berkas-berkas untuk melamar ke perguruan tinggi, kami percaya Tuhan akan menunjukkan arah kemana ia akan melanjutkan studinya

Terimakasih untuk para pengajar, teman-teman seangkatan dan juga teman-teman PPI Kothen, yang sangat berkontribusi dalam masa penyesuaian anakku di Kothen dan selama menjalani masa studi disana.

Sertifkat Kelulusan dari Studienkolleg di HS Anhalt, Kothen

k10

Catatan lain, FSP yang dilaksanakan pada hari Senin (20 Juni 2016) sampai dengan Jumat (24 Juni 2016) telah keluar hasilnya pada hari Jumat (30 Juni 2016), sangat singkat waktu yang digunakan untuk mengkoreksi 5 mata pelajaran dari seluruh murid studienkolleg.

 

 

 


8 thoughts on “FSP, Perjuangan Akhir Di Studienkolleg

  1. Halo boleh minta kontak anaknya? Saya ingin melanjutkan stk di hs anhalt juga. Atau bisa minta tolong anaknya kalao g course di hs anhalt apa saja ujiannya?

  2. Selamat pagi, bisa ke email saya dulu di d_laraswati_h@yahoo.co.id. Dan sebagai informasi, anak saya mengenai W Course, tapi bisa saya bantu (dari Googling) kalau untuk G Course, ujiannya : Bahasa Jerman, Bahasa Inggris, Sastra Jerman, Sejarah, Ilmu Sosial. Sudah banyak info seperti itu di internet. Anak saya melakukan itu semua sendiri, termasuk mendaftar ke tempat2 untuk Studienkolleg. Semangat yaa..

  3. Halo selamat pagi..
    Mau tanya, dulu waktu anaknya mau masuk studienkolleg, kan ada ujian masuknya. Anaknya dulu apakah ikut les untuk persiapan admission test apa belajar sendiri

  4. Halo boleh tanya. Waktu anaknya mau studienkolleg kan ada tes masuknya. Anaknya belajar tes masuknya sendiri atau ada ikut kursus persiapan tes. Kalo ikut kursus, kursusnya dimana ya
    Thank you

  5. Untuk Stella

    Selamat sore, maaf baru membalas, terima kasih sudah mampir di blog saya.

    Anak saya mempersiapkan test masuk di Indonesia, jadi berangkat ke Jerman, berdasarkan undangan/zulassung dari kampus2 yang dituju, yang telah menyetujui aplikasi yang dikirim anak saya.

    Persiapan atau kursus2 yang diikuti anak saya bisa dibaca di postingan2 sebelumnya, diantaranyanya berikut ini :http://laraswati.com/2015/06/04/tegar-melangkah-haruskah-studi-di-luar-negeri/

    Selamat membaca, bisa juga kirim email ke saya di d_laraswati_h@yahoo.co.id, terima kasih, salam

  6. Halo. Boleh tolong tanyakan kpd Anaknya, kalau mau perpanjang residence permit di köthen apakah harus pakai blocked account? Atau kalo sekadar perpanjang boleh pakai opsi “notarized declaration from parents securing the livelihood for the duration of the studies with proof of the income of the parents in the last six months”

    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *