Empon-empon Cegah Corona

Sejak wabah Corona merebak dan sementara orang masih belum menemukan obatnya, maka banyak orang memilih untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bergaya hidup sehat (menjaga kebersihan dan melakukan tindakan pencegahan).

Salah satu resep tradisional yang banyak dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi flu adalah empon-empon. Empon-empon adalah umbi-umbian yang juga disebut rimpang, seperti jahe, lengkuas, kencur, kunyit dan beberapa lainnya.

20200316_082826

Bagaimana mengolah empon-empon ini sangat mudah sekali. Empon-empon yang akan digunakan, dicuci bersih, lalu bisa dipotong-potong atau dimemarkan atau diparut dan diambil airnya, direbus bersama air, tambahkan sereh yang dimemarkan dan gula aren atau gula batu.

Aku sendiri menggunakan bahan yang ada di rumah, yaitu jahe, kencur, sereh, kayumanis, cengkeh, gula merah, daun sirih dan ketumbar serta jeruk nipis. Rebus semua bersama air hingga mendidih. Saring. Hidangkan selagi hangat.

20200316_090349

Minuman tradisional memang berbeda dengan obat, efeknya tidak langsung terlihat tapi jika telaten mengkonsumsi maka akan memberikan pengaruh yang baik buat tubuh. Selamat mencoba. Salam sehat selalu dan semoga pandemi ini cepat berlalu. Amin.

 

 

 


One thought on “Empon-empon Cegah Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *