Cantengan….uuuh sakit !!!

Si sulung, Andita, cantengan sudah 2 minggu, hari pertama dia mengeluh cantengan dan sakit kakinya, aku sudah memberi obat pengurang rasa sakit dan mencucinya dengan Rivanol. Aku juga menanyakan obat apa yang sebaiknya dia minum kepada dokter keluarga kami, melalui telpon. Namun setelah minum obat itu, walaupun rasa sakit sudah berkurang, darah dan nanah masih keluar juga hingga hari ini. Akhirnya, pagi ini, Andita kubawa ke poliklinik di kantor karena kebetulan dia sedang libur sekolah. Dr. Rengganis membersihkan darah dan lukanya, tentu saja dia amat kesakitan, tapi yaa mumpung sedang ke kantor mama dan bisa mampir ke poliklinik.

Cantengan, atau bahasa medisnya adalah paronychia, merupakan infeksi superfisial (dangkal) pada kulit di sekitar kuku, biasanya disebabkan oleh kuman Staphylococcus atau jamur. Cantengan merupakan kasus yang cukup sering, biasanya diakibatkan oleh adanya luka karena kebiasaan menggigit kuku atau menarik kuku.

Cantengan disebabkan oleh pertumbuhan kuku baik pada jari jempol atau pun jari lainnya yang kurang baik sehingga menusuk kulit halus di samping kuku tersebut sehingga menimbulkan luka. Luka tersebut biasanya akan membengkak karena terinteksi oleh kotoran dan kuman-kuman di sekitarnya. Lambat laun luka tersebut akan terasa sangat sakit yang dapat merusak konsentrasi bahkan kepercayaan diri kita dapat terganggu.

Cara mengatasi dan mengobati cantengan adalah melenyapkan bagian kuku yang menancap baik pada jempol maupun jari lain di kaki dan tangan kita. Cara menghilangkan kuku yang menusuk kulit bisa kita lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain seperti dokter atau kerabat kita. Pastikan alat yang kita gunakan steril dan aman digunakan seperti silet, duntung kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan kita. Setelah memotong bagian kuku yang menancap kita bisa obati luka yang ada seperti biasa.

Sebelum memulai kita harus siap secara mental dahulu karena akan terasa sangat sakit sekali yang mungkin bisa berhari-hari serta mengeluarkan sedikit darah dan nanah. Namun rasa sakit itu akan terbayar dengan jari kita menjadi normal kembali. Pikirkanlah dahulu teknik yang kita akan gunakan. Dalam proses tersebut mungkin akan memakan waktu lama, karena mungkin kuku yang menancap terdapat pada lokasi yang dalam dan kita harus berusaha ekstra keras dengan tambahan rasa sakit. Jadi biasakanlah dengan rasa sakit yang ada dengan sambil memikirkan masa depan yang cerah menanti kita.

Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil kita angkat dan singkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak seta luka baru yang mungkin kita buat ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.

Untuk pencegahan pastikan kita memotong kuku kita dengan baik dengan tidak meinggalkan pola potongan yang tajam dan berpotensi menimbulkan cantengan pada jari tangan maupun kaki yang baru. Bila sakit berlanjut saya sangat sarankan hubungi dokter. Jika tidak mampu datanglah ke puskesmas karena jauh lebih murah daripada dokter umum.

Semoga cepat sembuh ya, nak, lain kali jangan sembarang potong kuku yaa…