Sesi ke-1 : Science, Technology, Engineering and It’s Business..understanding the basic principles

Materi diatas disampaikan pada hari pertama oleh Bapak Sulaiman Kurdi, M.Sc, selaku Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi di BPPT.

Beberapa alasan mengapa kita harus mengetahui hal tersebut diatas adalah karena kita berhubungan dengan

  • lingkungan kerja bersama-sama dalam tata kerja kerekayasaan
  • orang-orang yang bekerja adalah perekayasa, sebagai pelaku utama, pemeran utama
  • kehidupan bisnisnya ya kegiatan perekayasaan

Point penting yang ingin disampaikan melalui materi ini bertujuan agar para MUK dapat berkomunikasi dengan Unit Kerja yang berbasis teknologi dan dapat memberikan pelayanan yang bersifat strategis. Yang membuat teknologi hidup adalah bisnisnya. Teknologi akan membuat hidup lebih baik tergantung kepada manusianya.

Dalam materi ini, dipaparkan mengenai pengertian Knowingness, philosophy, knowledge dan science, Knowledge Typology Map, Knowledge Development, Types of Knowledge, Nonaka dan Takeuchi’s Model of the Four Modes of Knowledge Creation, The Technology World, Perbedaan antara Science dan Technology, proses dari Science menjadi Useful Things, Perbandingan antara Engineering vs Technology, 5 Pilars of Technology, What do they do in Business, Technology Business Life Cycle, Techno-Economy Paradigm, Technology in Business, Technology Strategy Formulation Process, Perbedaan pendekatan Market Pull vs Technology Push dan Proses keduanya.