Kemacetan (1) Serpong – Ciawi – Tugu

Kami merencanakan berangkat pagi dari rumah di Serpong, rencananya pukul 6 pagi, tapi namanya juga anak-anak, sudah dipesan supaya packing baju pada malam hari, eh pagi-pagi masih mencari ini dan itu, alhasil, kami baru berangkat pukul 7.45 pagi. Perjalanan dari Serpong melalui pintu tol Pondok Aren dan Pondok Pinang, terpantau lancar, demikian juga arah Ciawi. Kemacetan tak terelakan setelah jalur terpecah menjadi dua, arah Ciawi dan arah Sukabumi, seperti gambar berikut ini

Jalur buka tutup memang diberlakukan untuk mengatasi kemacetan, dan kabarnya pada hari Sabtu 11 September 2010, tercatat 25 ribu kendaraan keluar dari pintu tol Ciawi, waw…ini diluar kendaraan roda dua, yang tidak melewati jalur tol. Simak liputan berikut ini, yang dimuat dalam

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/09/11/167958/35/5/Hindari-Macet-Jalur-Puncak-Buka-Tutup

Hindari Macet, Jalur Puncak Buka Tutup

Sabtu, 11 September 2010 13:28 WIB

BOGOR–MI: Di hari kedua Idul Fitri, jalur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/9), mulai padat. Untuk mengurangi kemacetan, polisi memberlakukan sistem buka tutup jalur.

Sistem buka tutup jalur dilakukan sejak pukul 05.30 WIB. Alhasil hanya kendaraan menuju Puncak yang boleh melintasi jalur tersebut. Adapun sistem tersebut diterapkan dari simpang Ciawi hingga simpang Cianjur.

Antrean kendaraan sepanjang 1 kilometer terjadi di pintu keluar Tol Ciawi. Kemacetan berlanjut hingga simpang Gadog. Untuk menghindarinya, kendaraan, yang menuju Puncak, bisa menggunakan jalur alternatif menuju Sukabumi.

Diperkirakan, jumlah kendaraan bertambah hari ini. Kemarin sekitar 25 ribu kendaraan tercatat keluar dari pintu Tol Ciawi. Sedangkan ada 23 ribu yang masuk pintu Tol Ciawi atau meninggalkan kawasan Puncak.

Jalur Puncak juga diketahui rawan kecelakaan. Tercatat, 17 kecelakaan terjadi sejak H-7 hingga H-1 Lebaran. Dalam kecelakaan itu, lima korban tewas, 14 korban terluka berat dan 17 lainnya terluka ringan.

Untuk menghindari kecelakaan, Kepolisian Resor Bogor menggelar Operasi Ketupat 2010. Lebih dari 1.100 polisi disiagakan. Ada pula 15 pospam untuk memantau lalu lintas sepanjang arus mudik maupun arus balik.(*/OL-06)

Pyuih…memang jalur yang padat ya, tapi apa mau dikata, memang mesti rela mengantri, ber macet ria, sambil menikmati keindahan alam dan berwisata kuliner di kawasan ini…lain kali, santai aja, bawa persediaan makanan yang banyak buat anak-anak. Akhirnya kami tiba di Hotel Pardede, pukul 11.45.