Menuju Goethe Institut dengan Kereta Commuter Line

Hari ini adalah hari pertama Andita mengikuti kursus di Goethe Institut. Namun karena bis feeder dari tempat tinggal kami tidak ada jadwal pagi, maka kami memilih dengan menggunakan jalur kereta. Sengaja berangkat pagi karena jadwal kursus yang diambil anakku adalah setiap hari Minggu, pukul 08.30 sampai dengan 13.45

  • Kami berangkat dari Stasiun Rawa Buntu pukul 06.40, menunggu di Jalur 2, kami akan menuju ke Tanah Abang. Tiba di Tanah Abang pukul 07.15 di Jalur 6.
  •  Di Tanah Abang, kami pindah ke Jalur 3 untuk mengambil kereta menuju Manggarai, yang akan berangkat pukul 07.30. Kereta ini adalah kereta yang menuju Depok dan Bogor dan tiba di Manggarai pukul 07.45 setelah melewati Karet dan Sudirman.
  •  Di Manggarai, kami pindah lagi ke Jalur 3 untuk mengambil kereta yang menuju Gondangdia. Kereta datang pukul 7.57 dan tiba di Stasiun Gondangdia pukul 08.09 setelah melewati Stasiun Cikini.

Tiba di Stasiun Gondangdia, kami mengambil pintu keluar ke arah Sam Ratulangi dan berjalan kaki menuju Goethe Institut beberapa menit saja dan tiba disana kurang lebih pukul 08.10.

Mudah bukan dan dengan biaya yang cukup murah, kami membeli karcis kereta Rp 8.000,- (delapan ribu rupiah) dan mengembalikan kartu jaminan di loket tujuan menerima uang kartu sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah), berarti dengan waktu tempuh 1,5 jam, hanya mengeluarkan biaya Rp 3.000,- (Tiga ribu rupiah) saja 🙂 Walau memang kenyamanan masih belum sempurna tapi tampak diusahakan di beberapa stasiun yang kami lalui.