Pembekalan Mentor bagi CPNS BPPT 2014

Akhir bulan lalu, aku ditunjuk mewakili unit kerja dan diberi tugas oleh Deputi sebagai Mentor CPNS untuk menghadiri Pembekalan Mentor bagi para CPNS, yang diadakan di Bandung selama 3 hari mulai dari tanggal 26 sampai dengan 28 Maret 2014. Acara diselenggarakan di De Java Hotel yang terletak di Jalan Sukajadi, tepat didepan Mall Paris Van Java.

Acara dimulai pada hari Rabu, 26 Maret 2014, diawali dengan Pembukaan dari Kepala Biro SDM dan Organisasi, yang ditandai dengan penyematan PIN secara simbolis kepada dua orang peserta.

Materi “Pengenalan Peran Mentor” disampaikan secara langsung oleh Kepala Biro SDMO, Dra. Suratna, M.Psi, yang menyampaikan paparan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Peran Mentor. Mentor berperan sebagai pembentuk leader di BPPT untuk masa yang akan datang. Para Mentor seyogyanya berhasil membentuk CPNS yang ideal, yaitu CPNS yang memiliki values organisasi yaitu CIPTA (Creativity-Integrity-Profesional-Teamwork-Accountable)

Materi “Berpikir Kreatif” disampaikan oleh Adi Wijaksana, Drs.Psi.CH,CHT, yang menyampaikan paparannya yang bertujuan agar para Mentor mampu mengenali kreatifitas diri dan mampu mengeluarkan ide baru tanpa hambatan. Selain pemaparan, peserta diajak untuk berpikir kreatif melalui game dan diskusi.

Masih dari Drs. Adi, beliau menyampaikan Materi “Etika Komunikasi Organisasi” yang bertema Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif untuk memperkuat pola pikir positif agar memahami esensi komunikasi.

Selanjutnya Materi “Membangun Kinerja STKK” disampaikan oleh Ibu Novi, selaku salah satu anggota Tim Penilai Jabatan Fungsional Perekayasa. Beliau memaparkan pentingnya peran Mentor dalam menginformasikan Struktur Tata Kerja Kerekayasaan yang menjadi sistem kerja yang digunakan di BPPT bagi para karyawan termasuk CPNS baru.

Tak kalah menariknya, sesi terakhir di hari kedua, Ir. Rama Royani, penemu Talent Mapping menyampaikan Materi “Kekuatan Mentor untuk Mentoring” agar para Mentor mampu mengenali potensi kekuatan dan kelemahan dalam dirinya serta mampu membaca hasil pemetaan Talent masing-masing.

Jumat, 28 Maret 2014, di hari terakhir, Biro SDMO menyampaikan Materi Penyusunan Rencana Tindak Lanjut, sebagai program selanjutnya untuk pembinaan CPNS BPPT di unit kerja masing-masing dalam Kedeputian. Akhir sesi, Kepala Biro SDMO menyampaikan Materi “Membangun Leader BPPT”.

Pembekalan Mentor CPNS diakhiri dengan Penyerahan Sertifikat dan Penutupan serta Foto Bersama para Peserta, dengan harapan Meningkatkan peran Mentor untuk Membangun BPPT yang lebih baik melalui Pembinaan CPNS di Unit Kerja.

Selamat bekerja :-)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *