Menyambung tulisan tentang Nasi Tumpang, yang biasa kami nikmati di pagi hari di Ngawi, maka satu lagi menu makan malam yang selalu ada pada kunjungan ke Ngawi adalah Tahu Tepo. Tahu Tepo itu artinya Tahu Lontong, tahu dengan lontong. Banyak versi makanan seperti ini karena tahu kayaknya emang cocok dimakan dengan lontong ya, misal seperti tahu tek, tahu gunting, kupat tahu. Tapi Tahu Tepo Ngawi punya cita rasa dan ciri tersendiri cenderung berkuah, seperti kupat tahu yang di Jogja. Jadi kalau pas nyendok sama kuahnya ya enak banget, baru terasa enaknya.

Bedanya lagi yang tampak jelas dibandingkan versi yang lainnya terletak di kacang gorengnya yang tidak dihaluskan dengan bumbu yang lain, tapi ditaburkan utuh di atasnya. Terus kalau di kupat tahu biasanya ada potongan gorengan bakwan, plus irisan daun jeruk purut; sementara tahu tepo ada kecambah sperti tahu tek, tapi kecambahnya dicampur dengan irisan daun seledri yg memberi aroma khas.

Cara goreng tahunya juga bisa 2 macem, digoreng dengan atau tanpa kocokan telor (bisa disampaikan ke penjualnya). Terakhir, diberi remesan krupuk ubi yang warnanya pink atau merah jambu dan juga bawang goreng.

Tahu tepo di Ngawi yang terkenal punyanya Sarus, dulu jualannya di belakang pasar Ngawi. Terakhir tanteku belikan untuk dimakan di rumah, di jalan Raden Patah. Jualannya malam hari, antrinya luar biasa, soalnya bikinnya satu2 jadi rada lama. Bukanya setelah magrib, curangnya aku ga pernah ikutan beli, ntah ya, mungkin Tante ku ngasi kesempatan aku dan ibuku untuk ngobrol dengan Om, jadi aku ga pernah tahu, gimana suasananya disana. Oh ya walau makanan ini enak banget, tapi aku selalu meringis kalau menikmatinya, karena kecap manisnya buanyak banget dan manis banget…ih ngilu.

Cara membuat Tahu Tepo

Bahan:
Tahu potong2 dadu (dibumbuin bawang putih ma garam)
Telor
Kecambah di rebus
Daun seledri iris halus
Kacang goreng
Daun bawang
Kerupuk
Tepo/lontong potong2

Bahan kuah:
Bawang putih
Cabe rawit
Kecap manis
Air matang

Cara Membuat:
1. Tahu bisa digoreng dengan kocokan telor yang ditambah irisan daun bawang; atau tahu dan telur digoreng terpisah sesuai selera
2. Haluskan bawang putih yang sudah digoreng sebentar dan cabe rawit; tambahkan kecap dan air secukupnya.
3. Penyajiannya: taruh tepo/lontong, diatasnya ditaruh gorengan tahu lalu kecambah yang sudah dicampur dengan irisan daun seledri.
4. Siramkan kuahnya, taburkan kacang goreng dan remesan kerupuk.

Selamat menikmati…