Hari Pramuka 2021

Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan merupakan motto Gerakan Pramuka, yang telah diatur dalam Keppres nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.

Pramuka 14 Agt 2021

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun 2021 ini, sejatinya para Pramuka juga tak berhenti berbakti untuk negeri ini, sesuai dengan motto dari Gerakan Pramuka itu sendiri.

Berbakti untuk negeri tidak selamanya harus sesuatu yang spektakuler. Semua bisa diawali dari hal sederhana atau hal kecil yang pasti berdampak besar, misal bentuk kepedulian pada sesama, pada lingkungan. Misalnya dengan mengurangi sampah plastik dan membuang sampah di tempatnya. Atau berbagi pada sesama dalam bentuk nyata, tanpa mengharap publikasi, tulus berbagi dari hati.

Indonesia sudah merdeka
Aku, kamu dan kita ada di sini
Sudah berkontribusi untuk Indonesia?
Berbuat yang kita bisa untuk warga negeri
Indonesia tangguh, Indonesia yang tumbuh bersama

 

Semoga internalisasi nilai kehidupan yang ada dalam Kepramukaan dapat terus ditanamkan pada anak-anak generasi milenial. Melihat kesibukan dan kepadatan waktu belajar pelajar saat ini, adakah kegiatan ini masih diadakan di sekolah. Bagaimana peran pembina di masa ini? Karena aku merasakan dampak positif dari mengikuti kegiatan ini, kita menjadi satu tim, yang kompak dan solid, belajar untuk peduli, mengutamakan kepentingan bersama, bekerja sama dan juga belajar memimpin.

Salam Pramuka. Tepuk Pramuka.