RIP Canon

Untuk semua mahluk yang teraniaya di muka bumi, jembatan surga terbentang untukmu.. ?

FB_IMG_1625933796979

Aku mungkin memang berlebihan tapi aku tahu bahwa setiap proses kematian ada prosedurnya. Semua mahluk pasti mati. Tapi mati di tangan mahluk lain, apalagi dengan cara yang kejam? Itu sungguh menyakitkan.

Ah kamu, Djeng, baper… di Afrika, di Amazon juga hewan mati, mati aja. Kamu juga masih makan daging kan? Sama ajaaa… kamu juga membunuh.

Oke, iya, tapi proses dari hidup menjadi tiada itu kan sudah sesuai prosedurnya, tidak seperti kejadian yang baru seperti yang dialami Canon atau hewan lain. Apa salah dia? Dia bukan hewan liar yang berpenyakit lho. Mengatasnamakan kesucian diatas darah mahluk lain? Ya Tuhan… Sebegitu stress nya kah kalian?

Aku ingat betul waktu kami masih kanak-kanak, kami punya seekor anjing kampung, namanya Bedes (Bedes padahal berarti anak monyet) Anjing kami sebenarnya jarang keluar rumah, hampir tidak pernah tapi ntah mengapa Bedes ini kena penyakit kulit yang agak parah. Sudah diobati masih belum sembuh juga. Ibu sendiri yang mengobati dan memberi salep resep dokter ke tubuh Bedes yang luka itu. Sampai akhirnya, Bedes melemah dan kami sampai pada keputusan keluarga yang “sangat sulit” yaitu “menidurkan” Bedes ?.

Prosesnya aku pribadi tidak menyaksikan karena aku sedang sekolah. Mungkin waktu ini sengaja dipilih untuk kesehatan mental kami. Tapi, adik-adik yang masih kecil dan di rumah pun, tidak menyaksikan. Proses dilakukan di rumah dan jasad dibawa dokter. Pedih buat kami. Pulang sekolah, aku bertanya pada Ibu, “Bedes dimana?” Ibu menjawab, “Sudah dibawa Dokter.” Dan aku lari masuk kamar. Sakiiit….

Tak dapat kubayangkan terbuat dari apakah hati manusia yang tega berbuat kejam pada mahluk lain, bahkan bukan hanya kejadian ini saja, tapi juga yang dialami Orang Utan beberapa tahun yang silam.

Aku sangat menghormati agama lain yang menajiskan hewan tertentu dalam kehidupan beragama yang dianut. Tapi apakah mengotori tangan dengan darah mahluk lain, membawa kita masuk sorga?

Kita ini, manusia, diberi akal dan budi pekerti, diciptakan Allah sebagai mahluk mulia di muka bumi. Aaah….. ?

#canon #delaras #ripcanon #tarqdoglovers

25 Okt 2021