Teh Bunga Rosella

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bunga rosella merah. Biasanya penyajian yang sering dilakukan adalah mengeringkan dan diseduh menjadi secangkir teh. Rasanya sendiri agak kecut-kecut.

Kandungan Bunga Rosella :

Vitamin C dosis tinggi, kalori, protein, fats, karbohidrat, ash, kalsium, beta karotene, fiber, phospor, besi & asam askorbat.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05, setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. kandungan lainya adalah kalsium 486 mg, omega 3, Magnesium, beta karotin serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine.

Bunga Rosella juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan vitamin C 3 kali lipat anggur hitam, 9 kali lipat jeruk sitrus, 10 kali lipat lebih besar dari buah belimbing dan 2,5 kali lipat dibanding vitamin C dalam jambu biji (kelutuk). Selain itu Teh Rosella mengandung KALSIUM tinggi ( 486 mg / 100 gr), Magnesium serta Omega 3. Teh Rosella juga diperkaya Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial.

Melihat kandungannya saja sudah terlihat begitu besar manfaat yang akan didapat, diantaranya adalah :

  1. Menurunkan tekanan darah.
  2. Mengurangi kekentalan darah.
  3. Meningkatkan peristaltik usus.
  4. Mengobati cacingan.
  5. Mematikan mcrobacterium tubercolusis.
  6. Mengurangi batuk, sakit tenggorokan dan sariawan.
  7. Mengatasi gangguan kencing.
  8. Menurunkan kadar asam urat, kolesterol & tigliserida
  9. Meningkatkan stamina.
  10. Bersifat detoksifikasi, menetralkan racun.
  11. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.
  12. Menghambat tumbuhnya kanker.
  13. Menurunkan kolesterol dalam darah.
  14. Menyeimbangkan berat badan.
  15. Mengurangi panas dalam dan susah buangair besar.
  16. Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati.
  17. Mengurangi pusing / migraine.
  18. Mengandung multivitamin, termasuk vit.C dan Beta karoten.
  19. Membantu memulihkan dari ketergantungan obat.
  20. Bagi Anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan OTAK, karena mengandung OMEGA-3  dan memacu pertumbuhan DHA.
  21. Mengawetkan kehalusan kulit dan Mengurangi Keriput.
  22. Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri , anti virus serta dapat mengobati keracunan.
  23. Dapat menurunkan berat badan, cocok untuk program diet.

Selain itu untuk mengkonsumsi minuman herbal, ada hal yang perlu diperhatikan karena tidak semua orang bisa cocok dengan kandungan dalam minuman herbal tersebut

  • perlu tahu kondisi fisik kita lebih dahulu (alergi kah, ada maag, dan lain-lain)
  • tahu kandungan dalam minuman herbal yang kita beli (untuk teh rosella saja ada banyak macamnya di supermarket, ga semua sama, walau namanya sama)
  • tahu takaran minumnya (teh rosella mengandung Vitamin C dosis tinggi, jadi memang sama seperti jeruk, kalau terlalu banyak, bisa mengganggu lambung)
  • tanyakan dulu sama dokter atau searching di internet tentang minuman herbal tersebut

Pengalaman buruk dengan minuman herbal, bisa menyebabkan gatal-gatal, sakit lambung kronis atau malah gagal ginjal. Pengalaman pribadi dengan teh rosella (bukan promosi)….LDL saya (bulan Maret 2011) semula 172 dan minum teh celup rosella satu kali sehari (saya celupkan tiap pagi didalam teh manis yang dibuat OB), LDL saya turun menjadi 112 (bulan Mei 2011), tentu juga dengan mengurangi makan daging dan telur.

Saat ini sudah tersedia Teh Rosella dalam berbagai varian, diantaranya Teh Celup dan Sirup dalam botol. Semoga informasi ini bermanfaat.


7 thoughts on “Teh Bunga Rosella

  1. di rumah aku punya banyak bunga rosela kering. dulu sering minum, tapi belakangan sering lupa. postingan ini mengingatkanku untuk meminumnya lagi 🙂

  2. Bunga rosella memang bagus untuk minuman kesehatan dan dapat di gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit spt darah tinggi, kolesterol, migraine, dll. Tapi perlu di waspadai bagi yg punya sakit maag saat penyeduhan airnya harus di kasih lebih. Bila Butuh rosela merah, ungu, serbuk/rajang bisa hubungi 081335929777, Trim’s

  3. terimakasih sdh mampir….di tempat saya, sudah tersedia dalam bentuk teh celup dan sirupnya….tidak usah repot menyeduh dan menyaring lagi…bisa hubungi ke blog ini atau FB saya…tks anyway sdh mampir di blog ini

  4. It is actually a nice valuable bit of info. I am pleased that you shared this handy info here. Be sure to stop us updated like that. Many thanks for sharing.

Comments are closed.